Home Foto STQ IV Provinsi Kepri Resmi Dibuka Gubernur

STQ IV Provinsi Kepri Resmi Dibuka Gubernur

0
184

ANAMBAS – Seleksi Tilawatil Qur’an ke IV Tingkat Provinsi Kepulauan Riau yang di laksanakan di Terempa Kabupaten Kepulauan Anambas tadi malam, secara resmi di buka oleh Gubernur Kepulauan Riau H. M. Sani, Sabtu Malam (30/4). Bertempat di Lapangan Sulaeman Abdullah, STQ ke IV akan digelar selama 5 hari dan akan ditutup pada hari Kamis (5/5).

Hadir pada pembukaan ini Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Soerya Roespationo, Ketua DPRD Provinsi Kepri, Nur Syafriadi, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan  serta para kepala daerah Kabupaten dan Kota se Provinsi Kepri. Hadir pula para dewan Hakim yang berasal dari berbagai Provinsi yang bertugas dalam pelaksanaan STQ ke IV tersebut dan juga kafilah peserta STQ dari seluruh Kabupaten dan Kota se Provinsi Kepri.

Rangkaian acara pembukaan STQ ke IV tingkat Provinsi Kepri di awali dengan  pembacaan ayat suci Al – Qur’an dan dilanjutkan dengan prosesi menabuh 8 beduk sekaligus menyalanya Kembang Api yang menandai dibukanya secara resmi Seleksi Tilawatil Qur’an ke IV tingkat Provinsi Kepri.

Ketua Umum pelaksanaan STQ ke IV tingkat Provinsi Kepri yang juga Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Drs. Tengku Mukhtaruddin dalam laporannya mengatakan bahwa ada 3 cabang pertandingan yang akan di perlombakan dalam STQ kali ini. Yaitu cabang perlombaan Tilawah yang terdiri dari tilawah anak-anak dan tilawah dewasa, cabang perlombaan Hifzil Qur’an yang terdiri dari 1 Juz, 5 Juz, 10 Juz, 20 Juz dan 30 Juz beserta tilawah, serta cabang Tafsir bahasa.

Sedangkan jumlah keseluruhan peserta dari 7 kabupaten dan kota yang turut ambil bagian dalam STQ ke IV kali ini adalah lebih dari 1000 peserta. “Dari Kabupaten Bintan sebagai peserta dengan jumlah terbanyak yaitu 350 orang, Kota Tanjungpinang 200 peserta, Kota Batam 75 peserta, Kabupaten Karimun 100 peserta, Kabupaten Natuna 70 peserta, Kabupaten Lingga 180 peserta dan Kabupaten Kepulauan Anambas sendiri sebagai tuan rumah mengikutkan 13 peserta dan seluruh warga kota tarempa,” jelasnya.

Sani dalam sambutannya mengatakan bahwa perhelatan STQ ini tidak hanya dilaksanakan di Provinsi Kepri, tapi juga di seluruh Provinsi di Indonesia. Sehingga nantinya yang akan menjuarai seleksi ini akan menjadi wakil dari Provinsi Kepri pada STQ tingkat Nasional yang akan di selenggarakan di Provinsi Kalimantan Selatan. “Melalui STQ tingkat Provinsi yang ke IV ini, mari kita berusaha mengimplementasikan nilai-nilai Al qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” tegasnya.

Sebagai rangkaian kegiatan pelaksanaan STQ ke IV, pada pukul 14.00 Wib pada siang harinya, telah dilakukan pembukaan stand bazar yang di buka langsung oleh Ibu Aisyah Sani yang merupakan ketua Tim Penggerak PKK Prov. Kepri bertempat di Arena Utama STQ, Stadion Sepak Bola Sulaiman Abdullah. Bazar diikuti oleh seluruh Kabupaten dan Kota. Dilanjutkan dengan pelantikan 90 dewan hakim yang terdiri dari 10 dewan hakim  nasional dan 80 dewan hakim Provinsi oleh Wakil Gubernur Kepri yang berlangsung di Gedung BPMS Terempa Kabupaten Anambas.

(crew_humas/hw)

NO COMMENTS