Home Siaran Pers Sholat Ied Dipusatkan di 441 Titik

Sholat Ied Dipusatkan di 441 Titik

0
149

BATAM – Kementrian Agama Kota Batam menetapkan 441 titik Sholat Idul Fitri 1433 H yang tersebar di 12 kecamatan di Kota Batam. Kementrian Agama juga sudah menetapkan Imam, Khatib dan Bilal dalam pelakanaan Sholat Ied di setiap titik.

Kabag Humas Pemko Batam, Ardiwinata mengatakan, penetapan titik Sholat Ied ini berdasarkan Surat Kementrian Agama Nomor Kd.32.05/5/BA.00/2244/2012. Secara rinci titik Sholat Ied di Kecamatan Belakangpadang 25 titik, Kecamatan Batuampar 57 titik, Kecamatan Lubukbaja 29 titik, Kecamatan Nongsa 28 titik, Kecamatan Batuaji 30 titik, Kecamatan Seibeduk 45 titik, Kecamatan Sekupang 41 titik, Kecamatan Bulang 15 titik, Kecamatan Galang 41 titik, Kecamatan Batam Kota 67 titik, Kecamatan Sagulung 40 titik dan Kecamatan Bengkong 48 titik. “Hal ini untuk memudahkan masyarakat dalam memilih lokasi Sholat ied sesuai dengan tempat tinggal,” katanya.

Sementara untuk pelaksanaan Shalat Idul Fitri dipusatkan di Masjid Agung Batam, Walikota Batam, Ahmad Dahlan dan Wakil Walikota Batam, Rudi akan melaksanakan di Masjid Agung Batam pada 1 Syawal 1433 H sesuai dengan ketetapan pemerintah. Bertindak sebagai Khatib yakni Marsakwan dan cadangan khatib Dirham. Imam yakni Muslim Ahmad dengan cadangan Ridho Amir dan Bilal Rasyid Ridho Muslim.

Usai menunaikan Shalat Ied, Walikota menggelar open house pada hari lebaran mulai pukul 09.00 wib di Kediaman Tanjungpinggir Sekupang. Sementara Wakil Walikota menggelar Open House mulai pukul 11.00 Wib di kediaman Perumahan Rosedale Batam Center.

Pada malam Lebaran, seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemko Batam menggelar takbir yang dipusatkan di Masjid Agung Batam, Batam Centre. Pada malam takbir ini juga akan dimeriahkan dengan pawai mobil hias. Rute yang akan dilalui saat takbir keliling, start dari Masjid Agung Batam menuju simpang kabil, Batuaji sampai Simpang Basecamp.

Masing-masing kecamatan akan mengirim kendaraan hias yang merupakan perwakilan dari ormas-ormas Islam dan perwakilan masjid. Kendaraan hias ini akan dilombakan dan pengumuman pemenangnya akan kita ketahui pada pagi sebelum Shalat Ied, Pawai takbir ini hanya diperuntukkan bagi kendaraan roda empat.  Peserta pawai takbir akan dilepas oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan beserta Unsur Muspida Kota Batam.

NO COMMENTS