Home LOMBA Sempena HJB Ke-189, Pemko Gelar Lomba Vlog, Foto, Karya Tulis dan Surat...

Sempena HJB Ke-189, Pemko Gelar Lomba Vlog, Foto, Karya Tulis dan Surat Untuk Wako

0
348

HUMAS PEMKO BATAM – Sempena Hari Jadi Batam (HJB) ke 189, Pemerintah Kota (Pemko) Batam menggelar lomba vlog pembangunan, lomba menulis surat untuk Walikota, lomba karya tulis jurnalistik pembangunan dan lomba foto pembangunan. Untuk seluruh jenis lomba tersebut pendaftaran telah dimulai sejak Senin (5/11) dan berakhir pada Selasa (5/12). Kabag Humas Pemko Batam, Yudi Admajianto mengatakan tema setiap kategori lomba “Pembangunan Infrastruktur Menuju Batam Kota Wisata”.

Untuk lomba vlog dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Kota Batam dan peserta mengirimkan karyanya menggunakan format Mp4 atau Mov dengan resolusi minimal 1280 x 270 pixel dengan surasi maksimal 3 menit. Vlog diunggah di Akun Youtube pribadi dengan judul “Lomba Vlog – 189 Tahun Kota Batam. Yudi mengatakan vlog yang dikirim merupakan karya asli pribadi atau kelompok dan harus sesuai dengan norma sosial dan tidak mengandung unsur pornografi dan sara.

“Panitia akan memilih vlog terbaik untuk memilih juara 1, 2, 3 dan harapan 1 dan ini utk semua jenis lomba dengan total hadiah Rp45 juta,” sebut Yudi Selasa (27/11).

Untuk lomba menulis surat untuk Walikota diperuntukkan bagi pelajar SD dan SMP negeri dan swasta di Kota Batam dengan judul lomba “Dear Pak Wali”. Bagi peserta SD dalam tulisannya boleh menyampaikan berbagai ide, pesan dan kesan kepada Walikota Batam. Untuk peserta SMP tulisan tentang Kota Batam meliputi pariwisata, kebudayaan, pendidikan, ruang terbuka hijau. Surat dapat dikirim melalui Dinas Pendidikan Kota Batam atau Media Centre di Kantor Walikota.

“Setiap sekolah maksimal dapat mengirim dua surat dan surat harus ditulis tangan di atas kertas HVS maksimal 1 halaman. Jangan lupa cantumkan nama, kelas da nasal sekolah serta nomor handphone,” papar Yudi.

Selanjutnya untuk lomba foto pembangunan, hasil yang dilombakan adalah karya sendiri dan belum pernah diperlombakan. Untuk periode pengambilan foto sejak 1 Januari 2018 hingga 30 November 2018. Foto harus dalam format digital (softcopy) dan diambil menggunakan kamera digital (DSLR, Pocket, Mirroles dengan kualitas gambar baik. Panjang atau tinggi foto minimal 3000 pixel dengan mempertahankan metadata (FILE EXIF) dan tidak terdapat wartermark/identitas foto dalam bentuk apapun.

“Format foto JPEG dengan resolusi (300 dpi) dengan ukuran file kurang dari 7 MB. Karya dikirim melalui email panitia : foto189.batam@gmail.com dengan menyertakan identitas pribadi dan formulir yang telah diisi. Peserta diperbolehkan mengirim 5 foto terbaiknya,” jelas mantan Camat Bengkong ini.

Bagi jurnalistik di Kota Batam dapat mengikuti lomba karya tulis yang berbentuk artikel. Peserta diperbolehkan mengirimkan lebih dari satu artikel namun hanya satu artikel yang berhak untuk menang. Materi naskah tulisan yang dikirim dalam format pdf Tu dosc (word) dan karya tulis boleh dipublikasikan untuk keperluan Pemko Batam. Karya dikirim melalui email panitia : karyatulis189.batam@gmail.com dengan melampirkan formulir pendaftaran.

“Seluruh pemenang lomba akan diumumkan bertepatan dengan HJB pada 18 Desember. Kami mengimbau seluruh masyarakat Batam, siswa SD dan SMP serta jurnalis di Kota Batam untuk mengikuti lomba ini dalam menyemarakkan HJB,” tutupnya.(HP)

NO COMMENTS