Home Siaran Pers Semarak HUT ke-65 RI Tingkat Kota Batam Mulai Dipersiapkan

Semarak HUT ke-65 RI Tingkat Kota Batam Mulai Dipersiapkan

0
151

Wujud Nasionalisme Yang Diperingati Saat Bulan Suci Ramadhan

BATAM – Rapat Panitia HUT ke 65 peringatan hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia kembali digelar untuk yang kedua kalinya. Pada kesempatan awal Wakil Penanggungjawab, Drs. Buralimar memulai rapat dan selanjutnya diarahkan langsung oleh ketua umum, DR. Wan Darussalam, didampingi Ketua Pelaksana, Drs. H. Azwan, M.Si  dan dihadiri hampir keseluruhan personil panitia yang telah ditetapkan oleh SK Walikota Batam dengan Nomor : KPTS.255/HK/VII/2010.  Untuk mempermudah koordinasi mulai persiapan dan pelaksanaan, maka rapat tersebut diawali dengan saling memperkenalkan diri dan membina silaturahmi, masing-masing koordinator mulai memaparkan hal-hal terkait tugas dan pelasanaan tanggung jawab masing-masing bidang.

Ditunjuk bertindak sebagai koordinator bidang upacara detik-detik proklamasi dan penurunan bendera pada tahun ini adalah dari Pangkalan Laut (LANAL) Batam yang dikoordinir oleh Palaksa Lanal Batam, Letkol. Laut (P) Teddy Bernard. Sedangkan untuk upacara renungan suci akan dilaksanakan dengan koordinasi dari pihak Kodim 0316 Batam yang dihadiri oleh Kasdim 0316 Batam. Sementara upacara Taptu yang penyelenggaraannya akan disesuaikan dengan suasana Ramadhan akan dikoordinir oleh jajaran Polresta Barelang.

Pada rapat kali ini, panitia telah beranjak pada pembicaraan yang lebih teknis menyangkut pelaksanaan beberapa rangkaian kegiatan agenda besar : detik-detik proklamasi, pawai taptu, renungan suci, upacara Hari Pramuka, pemberian remisi, serta aneka agenda kegiatan dimasing-masing kecamatan. Terkait dengan tibanya pelaksanaan puasa ramadhan yang dimulai pada tanggal 10 Agustus 2010 nanti, maka berbagai kegiatan akan dipersiapkan untuk dimajukan pelaksanaannya dibanding dengan agenda tahun-tahun sebelumnya.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Ketua Panitia ini, dipaparkan seluruh uraian tugas, serta penyesuaian waktu perayaan HUT Kemerdekaan yang tahun ini berbentrokan dengan bulan puasa ramadhan, serta pembagian dana disetiap bidang pelaksanaan.

Tahun ini, panitia mengusahakan rangkaian agenda besar HUT RI dapat diselaraskan dengan pelaksanaan di pusat jika memungkinkan. Dimulai denga Malam ramah tamah dengan veteran dan warakauri pada tanggal 13 Agustus 2010, pengukuhan paskibraka pada tanggal 14 Agustus 2010, Pembacaan Pidato kenegaraan di tanggal 16 Agustus 2010, dilanjutkan dengan renungan suci pada pukul 24.00 WIB Pelaksanaan detik-detik proklamasi (17/8) dan diakhiri dengan resepsi kenegaraan pada pukul 20.30 di hari yang sama.

Pada kesempatan ini pula disampaikan arahan dari Walikota Batam, bahwa untuk tahun ini tiap kecamatan akan ditiadakan pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi, untuk lebih memusatkan acara di tingkat Kota Batam, kecuali untuk kecamatan Belakang Padang, Galang dan Bulang. Para Camat juga diminta secepatnya melaporkan berbagai jenis lomba dan kegiatan kemasyarakatan yang akan dilaksanakan.

Untuk menyemarakkan peringatan HUT ke-65 Kemerdekaan RI, para Camat seb Kota Batam diminta untuk menghimbau dan mengajak partisipasi seluruh masyarakatnya untuk ikut menyemarakkan lewat pemasangan umbul-umbul, spanduk, dan pendirian gapura serta pengecatan bangunan toko atau ruko yang ada. Menanggapi hal ini, muncul usulan untuk melaksanakan lomba kreativitas masyarakat di tingkat RT/RW dalam hal menciptakan gapura, umbul-umbul, serta slogan yang menarik dalam spanduk HUT RI.

Diharapkan tahun ini, meskipun waktu pelaksanaan peringatan HUT RI berbarengan dengan pelaksanaan puasa Ramadhan bagi umat muslim tidak menurunkan animo masyarakat untuk tetap menunjukkan nasionalisme dan juga menyemarakkan gelora peringatan kemerdekaan Ri yang ke-65 dimaksud.

(*humas_crew/bb)

NO COMMENTS