Home Siaran Pers Sebanyak 54 Qori dan Qoriah Ikuti TC

Sebanyak 54 Qori dan Qoriah Ikuti TC

0
329

*Persiapan MTQ Tingkat Provinsi Kepri

HUMAS PEMKO BATAM– Sebanyak 54 orang qori dan qoriah terbaik Kota Batam akan mengikuti training center (TC) pada 29 April 2018 mendatang. Wali Kota (Wako) Batam, Muhammad Rudi melalui Kabag Kesra Kota Batam, Riyama Manurung mengatakan kegiatan TC atau pemusata latihan kafilah Kota Batam ini merupakan persiapan qori dan qoriah untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Kepri ke-VII di Kabupaten Lingga pada Bulan Mei.

“Latihan akan kita pusatkan di Asrama Haji. Mereka akan kita karantina untuk dilatih agar betul-betul fokus,” ujar Riyama.

Waktu pelaksanaan TC menurutnya akan berlangsung selama enam hari. Untuk pelatih akan menggunakan pelatih local dan nasional yang berjumlah sekitar delapan orang. Adapun peserta yang mengikuti TC ini merupakan peserta terbaik yang berhasil menjadi juara pada perlombaan MTQ Tingkat Kota Batam. Meski menjadi yang terbaik menurutnya belum menjadi jaminan untuk maju pada MTQ di tingkat Provinsi.

“Yang akan maju ke tingkat Provinsi akan dipilih oleh pelatih. Seperti yang disampaikan oleh Pak Wali Kota bukan bearti juara lantas dikirim ke MTQ Tingkat Provinsi,” sebutnya lagi.

Diharapkan melalui TQ ini dapat d menjadi motivasi bagi peserta untuk semakin meningkatkan kemampuan  perhelatan MTQ ke-VII Tingkat Provinsi Kepulauan Riau tahun 2018. Selain itu juga sebagai ajang pembinaan dan pemantapan seni bacaan serta untuk mengasah mental peserta, sekaligus sebagai wahana untuk mensyi’arkan nilai dan isi kandungan Al-qur’an di tengah-tengah masyarakat.

Untuk bidang lomba yang diikuti pada MTQ Tingkat Provinsi, menurutnya sama seperti pada MTQ Tingkat Kota Batam. Adapun bidang lomba terdiri dari, Cabang Tilawah meliputi Golongan Tartil Al-Qur’an putra dan putri, Golongan Anak-anak putera dan puteri, Golongan Remaja putera dan puteri, Golongan Cacat Netra putera dan puteri, Golongan Dewasa putera dan puteri, Golongan Qiraat Mujawwad. Cabang Hifzh Al-Qur’an meliputi, Golongan 1 juz dan Tilawah putera dan puteri, Golongan 5 juz dan Tilawah putera dan puteri, Golongan 10 juz putera dan puteri, Golongan 20 juz putera dan puteri, Golongan 30 juz putera dan puteri.

Cabang Tafsir Al-Qur’an meliputi, Golongan Bahasa Arab putera dan puteri, Golongan Bahasa Indonesia putera dan puteri, Golongan Bahasa Inggris putera dan puteri. Cabang Fahm Al-Quran beregu putera dan puteri, Cabang Syarh Al-Qur’an beregu putera dan puteri, Cabang Khath Al-Qur’an meliputi, Golongan Naskah putera dan puteri, Golongan hiasan Mushaf putera dan puteri, Golongan Dekorasi putera dan puteri, Golongan Kontemporer putera dan puteri. Cabang Musabaqah Menulis Makalah Ilmu Quran (M2IQ) putera dan puteri.(HP)

 

NO COMMENTS