Home Siaran Pers Rudi : Lomba Sampan Layar Sebagai Icon Budaya Melayu

Rudi : Lomba Sampan Layar Sebagai Icon Budaya Melayu

0
106

BATAM-Wakil Walikota Batam, Rudi, SE  melepas puluhan peserta Lomba Sampan Layar di Dataran Elang-elang Laut, Kecamatan Belakang Padang. Sabtu (10/9), pelepasan ditandai dengan tembakan ke udara yang dilakukan oleh Rudi. Lomba Sampan Layar dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke 66 yang diselenggarakan oleh Kecamatan Belakang Padang ini sekaligus bersempena dengan acara Halal Bihalal Pemerintah Kota Batam dengan masyarakat Belakang padang.

Perlombaan Sampan Layar  tradisional yang melekat di masyarakat pesisir seperti Batam dan Belakang Padang khususnya, merupakan permainan tradisi yang sering dilakukan dalam keseharian masyarakat yang hidup di sekitar pesesir. “Dengan melestarikan permainan tradisional ini, berarti kita menjunjung tinggi budaya lokal yang merupakan warisan budaya melayu pesisir, Karenanya wajib kita jaga budaya ini, agar dapat terus hidup dan terlestarikan terutama di Pulau Belakang Padang,” jelas Rudi dalam sambutannya.

Semangat nasionalisme dalam memperingati HUT RI ke 66 terlihat dari antusiasme masyarakat dalam menyaksikan perlombaan tersebut. Tampak warga memadati tempat perlombaan. Rudi yang hadir didampingi istri dan juga bersama-sama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Camat, Lurah, Asisten, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Bagian dan Kepala Kantor di lingkungan Pemerintah Kota Batam juga hadir dalam kesempatan tersebut untuk bersilaturahmi dan melaksanakan halal bihalal bersama warga Belakang Padang.

Dalam kesempatan tersebut, masyarakat juga menyampaikan harapan dan keluhannya terhadap fasilitas listrik di Belakang Padang. Masyarakat juga meminta penambahan infrastruktur berupa jembatan cor. Menanggapi harapan dan keluhan warga, Rudi dalam sambutan berjanji bahwa Pemerintah kota akan terus meningkatkan fasilitas pendukung pembangunan di Belakang padang. Sedangkan untuk pengembangan listrik di Belakang Padang, pemerintah kota akan mengusahakan dengan mengajukan permohonan kepada PLN tanjung pinang untuk memberi tambahan suplai daya listrik sampai di Kecamatan Belakang Padang.

Acara tersebut, juga diramaikan dengan aneka bazar kuliner, jajanan, hiburan dan mainan anak yang menjadi daya tarik wisatawan.

(crew_humas/hw)

NO COMMENTS