Home Siaran Pers Ribuan Warga Padati Taraweh Hari Pertama

Ribuan Warga Padati Taraweh Hari Pertama

0
125

BATAM – Ribuan warga Batam memadati Masjid Raya Batam untuk melaksanakan tarawih pertama di bulan Ramadhan 1434 H, Selasa (9/7). Di sekeliling Masjid Raya tampak dipadati oleh kendaraan roda dua maupun roda empat yang sedang terparkir. Begitu juga jalan menuju Pemko Batam dan DPRD padat dipenuhi kendaraan.

Walikota Batam Ahmad Dahlan ikut melaksanakan tarawih pertama di Masjid Raya Batam. Para jamaah memadati masjid sampai ke serambi lantai dua dan lorong-lorong masjid. Sebelum shalat Tarawih, jamaah menunaikan shalat Isya berjamaah.

Dalam sambutannya, Dahlan mengajak semua warga Batam untuk menjalankan ibadah puasa sebaik-baiknya. 80 persen warga Batam merupakan orang muslim sehingga suasana ramadhan terasa sangat semarak. “Masyarakat Batam memang sangat sibuk, namun manffatkanlah waktu sebulan ini untuk beribadah kepada Allah STW,” katanya.

Di Batam, katanya suasana Ramadhan sangat khidmat dan semarak. Lebih dari 150 titik bazar Ramadhan dan lebih dari 900 masjid/mushola menyelenggarakan shalat tarawih berjamaah. “Alhamdulillah masyarakat Batam bisa menciptakan suasana religius di Batam,” paparnya.

Sementara siraman rohani dibawakan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Batam Azhari Abbas. Ia menuturkan landasan hukum serta keutamaan puasa bagi manusia. “Puasa merupakan ibadah wajib yamg dilaksanakan sebulan penuh selama blan Ramadhan,” katanya.

Selain itu, Azhari juga mengingatkan warga Batam untuk berbuka puasa di restoran, hotel atau tempat makan yang sudah bersertifikat halal. “Sangat disayangkan setelah berpuasa lebih dari 12 jam namun berbuka di tempat yang diragukan kehalalannya,” imbuhnya.

Pada bulan Ramadhan, Masjid Raya Batam menyediakan takjil buka puasa gratis untuk 300 porsi setiap hari. Sedangkan untuk makan sahur, pihak mesjid raya menyediakan 30 porsi setiap harinya.

NO COMMENTS