Home Siaran Pers Ria Pimpin Tim Ekspedisi Pulau Nipah Dengan ‘Camping, Greening dan Surfing’

Ria Pimpin Tim Ekspedisi Pulau Nipah Dengan ‘Camping, Greening dan Surfing’

0
170

BATAM – Wakil Walikota Batam Ria Saptarika beserta rombongan TNI Angkatan Laut direncanakan akan melaksanakan kegiatan ekspedisi Pulau Nipah selama dua hari berturut-turut mulai tanggal 29 – 30 April 2009. Hal tersebut terungkap dalam rapat pelaksanaan kegiatan tersebut hari ini (27/04) di kantor Walikota Batam.Dalam arahannya, Wawako, Ria Saptarika menjelaskan kegiatan ekspedisi tersebut dilaksanakan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman bagi adik-adik pramuka tentang nilai kebersamaan dan kerja sama dalam team”, pungkasnya diawal rapat tersebut.

Wakil Walikota Batam berharap semua pejabat di lingkungan Pemko batam yang terkait maupun tidak terkait dengan kegiatan ini diikutsertakan dengan tujuan menunjukkan kepada dunia luar Pemerintah Kota Batam peduli pada lingkungannya khusunya eksistenasi Pulau Nipah sebagai pulau terluar yang berbatasan langsung dengan negara lain. Terutama kepada Camat Belakang Padang dan Lurah di Pulau Nipah untuk terlibat secara aktif, harapnya lagi.

Terkait dengan nilai strategis, bisnis dan pariwisata yang terkandung dalam potensi Pulau Nipah, hendaknya potensi dan nilai jual yang sangat tinggi tersebut dapat dipublikasikan dengan mengikutsertakan media lokal dan nasional dalam mendukung Visit Batam 2010.

Dalam rapat tersebut disepakati kegiatan yang akan dilaksanakan dalam ekspedisi Pulau Nipah tersebut seperti penanaman pohon, berkemah dan penyelaman yang dilakukan oleh tim penyelam di Pulau Nipah.Penanaman pohon secara simbolis akan dilakukan oleh Wakil Walikota Batam, Danguskamlabar, Danlantamal IV, Danlanal Batam, Kadis Pendidikan, Kadis Pariwisata, Kadis Pertanian Perikanan dan Kelautan (KP2),  dan sisanya 192 pohon cemara ditanam oleh Pramuka.

Para peserta pramuka dan pelajar yang diikutkan dalam ekspediasi khusus tersebut berasal dari Saka Bahari, Pramuka SMAN 1, SMAN 2 Belakang Padang, SMAN 12 Baloi, SMAN 14 Tanjung Sengkuang, serta Madrasah Aliyah Darul Islam.

Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Drs Yusfa Hendri, MSi, menambahkan penyelenggaraan ekspedisi Pulau Nipah ini juga ingin memberi semangat kepada para petugas dan tentara petarung yang bertugas di pulau terluar tersebut yang setiap saat berjaga memastikan setiap jengkal wilayah kedaulatan NKRI tidak terjamah oleh pihak asing. Untuk itu para peserta kegiatan khususnya dari pramuka dan pelajar akan memberikan bingkisan kepada petugas Marinir dan TNI-AL yang menjaga di Pulau Nipah, sebagai penghargaan dan ungkapan terimakasih warga Kota Batam, pungkas Yusfa.

Kegiatan ini akan diikuti oleh 200 peserta dari pramuka dan pelajar se Kota Batam atas inisiasi dan kerjasama antara Pemko Batam dengan LANAL Batam serta Pramuka dan komunitas selam yang diharapkan dapat mensukseskan kegiatan tersebut.

(ttn & nn)

NO COMMENTS