Home Siaran Pers PORKOT Batam Jadi Ajang Pencarian Bibit Olahraga

PORKOT Batam Jadi Ajang Pencarian Bibit Olahraga

4
422

BATAM – Penyalaan Obor Pekan Olahraga Kota (Porkot) ke III Batam menjadi simbol  dibukanya Porkot ke III Batam, Sabtu (14/11). Secara resmi, pelaksanaan Porkot ke III dibuka oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan di Stadion Temenggung Abdul Jamal. Beragam atraksi yang ditampilkan panitia untuk memeriahkan pembukaan Porkot ke III ini. Acara ini dihadiri oleh Ketua Harian KONI Batam, Soerya Respationo, Ketua DPRD Kota Batam, Surya Sardi, Ketua BP Batam, Mustafa Widjajaja dan Ketua Umum KONI Provinsi Kepri, Nur Syafriadi. Porkot ke III Batam ini akan berakhir pada Sabtu (21/11).
Iring-iringan kontingen dari 12 kecamatan secara bergantian memberikan penghormatan kepada Walikota dan seluruh tamu undangan. Edy Sihite selaku panitia mengatakan total kontingen yang turut serta dalam Porkot tersebut berjumlah 1.843 atlit. Yang terdiri dari 1.474 atlit putra dan 369 orang atlit putri. Cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Porkot ini sebanyak 21 cabang dan memperebutkan 176 set medali.

Tim yang paling banyak mengirimkan atlet dan ofisial adalah kecamatan Batam Kota, yakni sebanyak 236 atlet dengan mengikuti 20 cabang olah raga. Disusul kecamatan Lubuk Baja 227 atlet, kecamatan Sekupang 224 atlet, kecamatan Batu Aji 206 atlet, Batu Ampar 195 atlet, kecamatan Nongsa 188 atlet, kecamatan Bengkong 166 atlet, kecamatan Sagulung 147 atlet, kecamatan Sei Beduk 145 atlet, kecamatan Belakang Padang 116 atlet, kecamatan Bulang 110, dan kecamatan Galang 107 atlet.

Ketua Harian KONI Batam, Soerya Respationo mengungkapkan, saat ini KONI telah membentuk coordinator olahraga tingkat kecamatan. Dengan demikian dapat dikumpulkan bibit-bibit baru untuk dibina menjadi atlit. Atlit yang ikut serta dalam Porkot ini nantinya akan dikirim untuk mengikuti Porprov, Porwil dan PON pada 2011 mendatang.

“Saya berharap perhatian pemerintah pada olahraga yakni dengan memberikan porsi anggaran yang sama dengan anggaran pendidikan,” ujarnya.

Walikota dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Porkot ke III ini menampilkan sesuatu yang baru, karena diikuti oleh 12 kecamatan di Kota Batam. Penelusuran pencairan bibit untuk dibina menurutnya merupakan hal yang positif. Apalagi Batam memiliki SDM yang berpotensi disegala bidang. Melalui Porkot ini, Walikota yakin Batam akan memiliki atlit berskala nasional dan internasional.

Untuk sarana olahraga, ia menyebut sarana yang dimiliki Batam cukup lengkap. Yang masih kurang saat ini adalah kolam renang berskala internasional. Saat ini Batam banyak tersedia kolam renang, namun tidak sesuai dengan ketentuan.

Dalam hal pencapaian medali, renang sangat berpotensi sekali untuk mendapatkan medali. Pemko sudah mempersiapkan lahan dan rencananya tahun 2010 sudah mulai dilaksanakan. Hal ini telah disampaikan ke Pemerintah Provinsi, karena pekan olah raga provinsi tahun 2010 akan dilaksanakan di Batam. Acara pembukaan Porkot ini juga dimeriahkan dengan penampilan cheers leader dari sekolah SMA se Kota Batam dan atraksi dari drum band Bahana Barelang.

(crew_humas/dv)

Foto Lainnya **


4 COMMENTS

  1. uten
    salam olahraga!!!! baru buka neh n baca, keliyatannya PORKOT kemaren sukses katanya, yakin neh mencari bibit ??? udah siap menghadapi PORPROV??? trus ke PORWIL / PRA PON n tahun 2012 siap tampil di PON ... catatan saya pada PORKOT n PORPROV sebelumnya hanya menampilkan kurang lebih 10% atlet yang bertanding di PORKOT/PORPROV yang kemudian tampil di jenjang tertinggi Negeri ini (PON), Justru 90% nya adalah atlet yg cabornya tidak bertanding di ajang PORKOT n PORPROV contoh LAYAR, TINJU, TARUNG DERAJAT dll.. so bagaimana pembinaannya kalo mengatakan PORKOT ajang mencari bibit tapi tidak sampai di PON ??? apakah selesai PORKOT/PORPROV KONI kota maupun Provinsi lupa melanjutkan tugasnya yakni membina para juara PORKOT/PORPROV atau neh hanya sekedar pesta seremonial yang menghasilkan banyak protek yg akan diambil jadi nyambi aza jadi PANITIA??? adakan mereka yang di KONI benar2 mau MENGHIDUPKAN OLAHRAGA??? atau hanya HIDUP DARI OLAHRAGA??? catatan saya KONI BATAM tiap tahun bagi2 uang kepada pengurus padahal kepada atlet batam tidak ada uang pembinaan per bulan apalagi pertahun ??? nah yang mana yang di bina, ATLETNYA atau PENGURUSNYA ??? ahhh katanya mau majuin OLAHRAGA tapi hitung2an n harus dapat uang ganti bensin... apaan tuh ??? BONUS PON 2008 aza tidak sampai kepada atlet yang meraih medali dari Kota batam, padahal 95% medali yang di raih KEPRI di PON berasal dari KOTA BATAM, masa mau berangkat di kase uang saku udah berhasil ga di hargai, hahaha nanggung pak mau bina atletnya anggaran Koni 1,8 M tahun lalu bagikan dikit kek apa atlet, pelatih n Cabor berprestasi .... semoga bapak2 di Koni batam ingat akan janjinya kepada TUHAN yang maha kuasa bahwa kalian mw : MENGHIDUPI OLAHRAGA BUKAN MAU HIDUP DARI OLAHRAGA ... terimakasih cayyyooo jooossss
  2. supriadi
    asalammualaiqum wr.wb.... salam olahraga. kepada bapak-bapak pemimpin yang mengurusin tentang perkembanggan olahraga di batam. saya cuma ingin memberikan sedikit komentar. jagan hanya membuat kolam renang yang berskala nasional dan internasional,tetapi buat juga papan manjad yang setandar internasional dan semua fasilitas olahraga yang standar internasional.kan kita deket dengan negara tetangga mana tau saja bisa menjadi tuan rumah asia geme. terimakasi