Home Siaran Pers Polda Siapkan 1.234 Personil Untuk Pengamanan Jelang Lebaran

Polda Siapkan 1.234 Personil Untuk Pengamanan Jelang Lebaran

0
260

HUMAS PEMKO BATAM Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kepulauan Riau (Kepri) ,Didid Widjanardi memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Seligi 2018. Apel digelar di Dataran Engku Putri, Batamcentre, Rabu (6/6). Dalam apel itu, Didid membacakan amanat Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dimana giat ini merupakan salah satu operasi Kepolisian terpusat. Operasi dilaksanakan secara serentak diseluruh jajaran Polda, mulai tanggal 07-24 Juni 2018. Melibatkan sebanyak 173.397 personil pengaman gabungan, terdiri dari unsur Polri, TNI, Pemda, serta masyarakat dan stakeholder lainnya.

Untuk pengamanan di Kepri,  Polda Kepri menyiapkan 1.234 personil aparat untuk menjaga kelancaran dan keamanan menghadapi hari raya besar Idul Fitri 1439 Hijriah mendatang. Terdapat 6 titik fokus utama pengamanan diantaranya, Mesjid, bandara, pelabuhan, pusat perbelanjaan, obyek wisata dan pusat kemacetan.

Yang akan diamankan, mesjid ada 635 lokasi, pusat perbelanjaan 45 lokasi, bandara 6 lokasi, pelabuhan 34 lokasi, obyek wisata 73 lokasi dan pusat kemacetan 38 lokasi. Polda Kepri juga akan menyiapkan pos pengamanan dan pos pelayanan di setiap daerah di Provinsi Kepri. Pos Pelayanan di siapkan oleh Polres dan Polsek masing masing daerah yang berfungsi sebagai tempat pengamanan, pelayanan informasi dan aduan. Diimbau kepada masyarakat untuk tidak segan segan untuk menyampaikan keluhan ya terkait keamanan dan kelancaran berlebaran ke posko terdekat.

Pada pelaksanaan operasi tahun ini setidaknya terdapat 4 potensi kerawanan harus diwaspadai bersama. Kerawanan pertama adalah potensi stabilitas harga dan ketahanan pangan, potenai permasalahan kelancaran dan keselamatan arus mudik dan balik, potensi bencana alam dan gangguan Kamtibmas lainnya seperti curat, curas, curanmor, copet, pencurian rumah kosong, begal, hipnotis, dan potensi ancaman tindak pidana terorisme.

“Terkait ancaman tindak pidana terorisme, saya menekankan kepada seluruh Kastwil untuk terus meningkatkan kegiatan deteksi intelijen, diimbangi dengan upaya penegakan hukum secara tegas melalui optimalisasi peran Satgas Anti Teror diseluruh jajaran Polda”, ujar Didid membacakan pidato Kapolri.

Disamping itu, pengamanan tempat ibadah, pusat keramaian, Mako Polri, serta aspek keselamatan personil pengamanan pada objek-objek tersebut dan laksanakan pendampingan personil pengamanan oleh personil bersenjata.

“Khususnya dalam mewujudkan keamanan secara umum, saya perintahkan kepada seluruh jajaran untuk terus-menerus meningkatkan kerjasama dengan rekan-rekan TNI serta stakeholder terkait lainnya”.

Diakhir sambutannya, Kapolda, mengucapkan Selamat menunaikan ibadah puasa dan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Mohon Maaf Lahir Bathin, kepada seluruh personel Polri dan seluruh personel pengaman Operasi Ketupat Seligi 2018.

Hadir dalam apel tersebut Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Kapolresta Barelang, Hengki dan pihak terkait lainnya.(HP)

NO COMMENTS