Home Foto PNS Pemko Ikut Upacara Hari Ibu

PNS Pemko Ikut Upacara Hari Ibu

0
145

BATAM – Pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengikuti upacara bendera, Kamis (22/12) di lapangan Engku Puteri. Upacara tersebut dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-83, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional ke-53, HUT Dharma Wanita Persatuan ke-12, Hari Bhakti Pekerjaan Umum ke-66 dan Hari Aids sdunia tingkat Kota Batam tahun 2011.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan bertindak sebagai inspektur Upacara. Dalam sambutannya, Dahlan mengatakan kegiatan upacara ini sebagai sarana instrospeksi dan mawas diri untuk melakukan evaluasi serta pembenahan terhadap berbagai hasil kegiatan pembangunan agar kedepan bisa lebih baik. Momentum ini juga bisa dijadikan pemacu semangat guna mewujudkan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan sekaligus peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dalam paparannya, Dahlan menuturkan peringatan hari ibu mengingatkan kaum perempuan Indonesia bersama kaum laki-laki merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari warga Negara dan sebagai pejuang bangsa dalam menegakkan dan mengisi kemerdekaan serta membangun bangsa secara menyeluruh sesuai kodrat dan kemampuannya. Peringatan Hari Ibu ke-83 ini akan memfokuskan pada aspek ekonomi yaitu partisipasi perempuan di bidang ekonomi perlu ditingkatkan dalam rangka kesetaraan dan keadilan gender yang merupakan bagian dari perjuangan gerakan perempuan.

Sementara, peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) atau Hari Sosial merupakan upaya untuk mengenang, menghayati dan meneladani semangat persatuan, kesatuan, kegotongroyongan dan kekeluargaan rakyat Indonesia yang secara bahu membahu mengatasi permasalahan dalam mempertahankan  kedaulatan bangsa. Dalam peringatan ini diharapkan semua pihak melestarikan semangat dan nilai-nilai kesetiakawanan sosial sebagai upaya untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa yang serasi dan harmonis.

Kepada Dharma Wanita Persatuan, Dahlan berharap dapat meningkatkan perannya yang lebih konstruksif kepada anggota dan keluarganya. Dharma Wanita Persatuan juga diharapkan dapat berkontribusi dalam melindungi, memberdayakan dan memajukan kaum perempuan. Dharma Wanita Persatuan juga harus benar-benar dapat ikut berpartisipasi dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negars secaras menyeluruh.

Dahlan mengajak seluruh jajaran Pekerjaan Umum agar tetap konsisten untuk menjadikan 3 Desember sebagai momentum pemacu semangat dan pengabdian kita dalam melanjutkan pembangunan. Peringatan ini juga diharapkan merupakan penggerak untuk mengaktualisasikan semangat untuk tetap bekerja keras, bergerak cepat dan bertindak tepat dalam penyelenggaraan insfrastruktur PU dan pemukiman.

Dalam upacara yang juga memperingati Hari Aids sedunia, Dahlan mengajak seluruh pihak untuk berperan aktif khususnya kepada pengusaha, masyarakat pekerja dan masyarakat luas mengkampanyekan upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/Aids serta menghapus stigma dan diskriminasi terhadap Orang Dengan VIV/AIDS (ODHA). Dahlan juga berharap seluruh kegiatan dan para pemangku kepentingan di tingkat Kota Batam dapat terkoordinasi dengan baik, mempunyai gaung yang luas dan daya ungkit yang tinggi dalam rangka penanggulangan dan pencegahan HIV dan AIDS di Indonesia serta mendukung tercapainya target MDGs ke-6 yaitu perang terhadap HIV dan AIDS.

Usai upacara dilakukan penyerahan atat pelayanan alat kesehatan bidang Keluarga Berencana (KB), penghargaan KB lestari 20 tahun, bantuan makanan untuk anak panti asuhan, penyerahan secara simbolis kunci rehab rumah tidak layak huni, pemenang lomba sepak takraw, pemenang lomba kebersihan antar Kelurahan se-Kota Batam dan pemenang pawai takbir tahun baru Hijriah.

NO COMMENTS