Home Siaran Pers Penyuluhan Hansip / Linmas Tingkat Rt / Rw Kota Batam

Penyuluhan Hansip / Linmas Tingkat Rt / Rw Kota Batam

0
413

Batam, Asisten III Drs. Maaz Ismail mewakili Walikota Batam membuka sosialisasi pelatihan Hansip/ Linmas Tingkat RT/ RW (25/05) di Hotel Accacia Sekupang. Dalam sambutannya Maaz mengharapkan keberadaan Hansip/Linmas betul-betul berfungsi dan berperan dalam menciptakan keamanan dan perlindungan pada masyarakat, sehingga keberadaan Hansip/Linmas dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Pada akhir sambutannya Maaz berpesan agar para anggota Hansip/Linmas selalu meningkatkan kemampuan cepat tanggap dan cepat tindak terhadap lingkungan serta berupaya mengatasi dan melapor kepada aparat terkait setiap terjadi peristiwa yang dapat menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Menurut Kepala Badan Kesbangpol dan linmas Kota Batam Zulhendri, Sosialisasi ini merupakan agenda tahunan Kesbangpol Batam, pesertanya kali ini 200 orang merupakan utusan seluruh Kecamatan Kota Batam. Pelatihan dilakukan tanggal 25-27 Mei 2009, mulai pagi pembekalan sampai dengan malam hari dilakukan apel malam sebagai wujud pelatihan. Materi pelatihan meliputi Undang-undang tentang linmas, sistem pemerintahan, bahaya kebakaran, penyuluhan narkoba, kantibmas, PBB dan perkembangan politik. Pemberi materi dari Depdagri, Poltabes, Kodim, dan Pemadam Kebakaran.

Sebagai komponen dasar dalam sistem pertahanan dan keamanan nasional, Hansip/Linmas merupakan ujung tombak pertahanan dan keamanan, sehubungan dengan fungsi tersebut maka perlu adanya pembinaan dengan meningkatkan performa Hansip Linmas dengan membentuk fisik, akademik serta mental dan ideologi mereka

Pembentuk karakter hansip dan linmas akan dimulai dari tingkat desa, kecamatan hingga tingkat Kabupaten.

Harapan kedepannya, hansip/linmas yang telah mendapatkan pelatihan dapat diberdayakan dalam pengamanan pemilihan presiden dan wakil presiden. “Mereka juga mantan hansip/linmas pemilihan legislatif kemarin”, tambah Zulhendri. Turut hadir dalam pembukaan Camat se-Kota batam, Kodim, dan Poltabes. <wr***nn>

NO COMMENTS