Home Siaran Pers Pendirian Yayasan Tak Perlu IMB

Pendirian Yayasan Tak Perlu IMB

0
240

Batam, Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan untuk pengurusan yayasan tak perlu melampirkan izin mendirikan bangunan (IMB) sehingga masjid-masjid yang ingin membentuk yayasan namun terhalang di IMB karena masalah lahan, tetap bisa melanjutkan proses pengurusan izin yayasannya.

Hal ini disampaikan Rudi saat safari Ramadhan di Masjid Mujaahid Da’wah perumahan Bukit Sakinah kelurahan Buliang kecamatan Batu Aji, Selasa (28/6).

Pengurus masjid, Putera mengatakan rencana pembuatan yayasan ini sebenarnya sudah muncul sejak dua tahun lalu, sesuai saran pemerintah. Dan pengurus pun sudah mengurus segala keperluan untuk pembuatan yayasan.

“Rekomendasi sudah didapatkan. Tapi tahun lalu terkendala IMB. Tapi tadi waktu bincang-bincang dengan Pak Rudi dikatakan bahwa IMB tak diperlukan untuk pembuatan yayasan. Jadi in shaa Allah setelah lebaran bisa diselesaikan sehingga percepatan pembangunan dapat dilaksanakan,” kata Putera.

Ia menjelaskan, pembangunan masjid ini sudah dimulai sejak 2011. Dan saat ini sudah selesai untuk tahap pertama dari rencana dua lantai yang akan didirikan. Pengurus berharap masjid ini nantinya dapat menampung 380 kepala keluarga yang ada di perumahan tersebut.

“Mudah-mudahan semuanya bisa tertampung baik untuk shalat Jum’at, tarawih, maupun peringatan hari besar lainnya,” kata dia.

Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan ini merupakan kunjungan keduanya di masjid tersebut. November tahun lalu, Rudi sempat mengunjungi masjid tersebut setelah kegiatan gotong royong.

“Hari ini kita akan sumbang Rp 100 juta untuk pembangunan masjid ini. Insya Allah cair November nanti,” kata Rudi.

Pada kesempatan tersebut, Rudi juga memaparkan beberapa kegiatan pembangunan yang sedang dilaksanakan Pemerintah kota Batam. Menurutnya, yang menjadi fokus dari kegiatan Pemko Batam saat ini adalah pembangunan infrastruktur.

“Sejak 2015 sudah mulai melebarkan jalan, nanti akan sampai juga ke Batu Aji, Sagulung dan semua. Sekarang kita masih fokus di Jodoh, Nagoya dan Batam Centre,” ujarnya.

Rudi mengatakan, pada tahun 2017 nanti ada empat hotel dengan ketinggian 30 lantai yang akan dibangun di kawasan Nagoya. Setelah pelebaran jalan, pemerintah juga akan menata pedagang kecil. Kemudian memasang lampu hias di kawasan Nagoya Jodoh. Sehingga Batam akan benar-benar menjadi kota metropolitan yang tidak kalah dari kota-kota lain, seperti Johor Malaysia.

Selain pembangunan infrastruktur, pemerintah juga berupaya memperbaiki layanan transportasi umum. Tahun ini rencananya Batam akan mendapat tambahan 60 unit bus Trans Batam baru. Sebanyak 15 unit sudah tiba dan akan dioperasionalkan Kamis pekan ini.

“Saya mau titip, bus ini untuk kita semua. Oleh karenanya kita semua wajib menjaganya. Kalau ada yang mengganggu, bantu membelanya. Ini membantu kita semua. Harga murah, disubsidi, pakai AC dan ada TV,” pesan Rudi.***

NO COMMENTS