Home Siaran Pers Pemusatan Latihan Paskibraka Dimulai

Pemusatan Latihan Paskibraka Dimulai

0
155

BATAM- Sejak Sabtu (31/7) pemusatan pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dimulai. Sebanyak 40 orang anggota Paskibraka yang telah mengikuti seleksi sejak Maret lalu ini berasal dari 29 sekolah SMA, SMK dan MA di Kota Batam. Kepala Kantor Pemuda dan Olah Raga, Jefridin menuturkan bahwa dari 40 anggota Paskibraka yang terpilih, 30 orang diantaranya sebagai pengibar di Batam. Sisanya, 10 orang diutus untuk ke tingkat Provinsi Kepri dan tingkat nasional. Yang diutus ke tingkat nasional merupakan perwakilan dari SMAN 1 Batam, M Rendy Saputra yang telah berangkat ke Jakarta sejak dua minggu lalu. Sementara peserta Paskibraka ditingkat Provinsi Kepri, telah berangkat sejak tiga hari lalu untuk mengikuti pelatihan. Dimulainya pemusatan pelatihan Paskibraka ini ditandai dengan pemasangan tanda peserta oleh Asisten Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Pemko Batam, Syamsul Bahrum yang mewakili Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan.

”Pemusatan latihan ini akan dimulai sejak hari ini (Sabtu, red) hingga Rabu (18/8) mendatang,” ujarnya di Hotel Golden View Sabtu lalu.

Selama mengikuti pemusatan latihan tersebut, 30 orang anggota Paskibraka diinapkan di Hotel Golden View. Mengingat peringatan Hari Kemerdekaan bertepatan dengan bulan Ramadhan, maka sejak sebulan lalu para anggota Paskibraka telah mengikuti pelatihan dasar setiap hari Sabtu dan Minggu. Setelah masuk masa pemusatan pelatihan, mereka tidak hanya mengikuti latihan baris berbaris saja, tapi juga mendapat materi yang berkaitan dengan wawasan kebangsaan, kepemimpinan dan manajemen organisasi.

Mengingat bulan puasa, maka latihan baris berbaris akan dipusatkan di Stadion Temenggung dari pagi hingga jam sebelas siang, dan dilanjutkan kembali pada sore harinya. Para anggota Paskibraka ini menurutnya juga akan mengikuti latihan gabungan selama tiga hari. Dilanjutkan dengan gladi kotor dan gladi bersih sebelum upacara dimulai. Para pelatih sendiri berasal dari Polresta Barelang dibawah pembinaan Kabag Binamitra, Kompol Suyanto.

”Pada hari pertama puasa, kita kembalikan mereka pada orang tua untuk sahur dan buka bersama keluarga dan pada malam harinya kembali lagi ke hotel untuk mengikuti pelatihan materi yang diberikan oleh pembina,” jelasnya didampingi Kabag Humas Pemko Batam.

Adapun fasilitas yang diperoleh selama mengikuti pelatihan, seragam masing-masing dua pasang, sepatu dan uang saku. Asisten Ekbang, Syamsul Bahrum yang membuka acara Pemusatan Pelatihan Paskibraka tersebut mengingatkan agar anggota Paskibraka dapat menjaga kesehatan selama mengikuti pelatihan. Dengan tujuan, agar dapat memberikan hasil yang memuaskan pada saat upacara HUT RI ke 65 di selenggarakan. Para anggota Paskibraka yang mengikuti pelatihan ini merupakan orang-orang pilihan, karena akan membawa duplikat Bendera Pusaka pada hari yang sakral.

”Kepada para orangtua saya harap sepenuhnya menyerahkan anak-anak untuk dibina. Bagi anggota Paskibraka, siapkan mental dan fisik. Karena kalian adalah orang-orang yang dipercaya untuk menaikkan bendera duplikat sang saka merah putih dihari yang sakral,” pesannya.

(crew_humas/dv)

NO COMMENTS