Home Siaran Pers Pemko Tanam 3.500 Pohon

Pemko Tanam 3.500 Pohon

1
126

BATAM– Bersempena dengan hari jadi Kota Batam ke-180 yang sekaligus dirangkaikan dengan memperingati  Hari Kesatuan Gerak PKK ke-37, Pemerintah Kota (Pemko) Batam melaksanakan Gotong Royong Masyarakat  dan Penanaman Pohon pada Sabtu (19/12). Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam, Azwan selaku Ketua Panitia dalam laporannya mengatakan kegiatan gotong royong ini dilaksanakan serentak di sepuluh kecamatan se Kota Batam termasuk kecamatan Belakang Padang.

Sebanyak lebih kurang 550 peserta hadir dalam pencanangan kegiatan yang dipusatkan di Pasar Hang Tuang Kampung Melayu Batu Besar Kecamatan Nongsa. “Pemilihan lokasi didasarkan atas sejarah awal pemerintahan yang bermula di kecamatan Nongsa ini”, ujar Azwan.

Selain melaksanakan gotong royong, juga akan dilakukan penanaman pohon sebanyak 3.500 batang pohon yang disediakan oleh Dinas KP2K Kota Batam. Pohon tersebut telah disebar di dua belas kecamatan se Kota Batam sebelumnya, tambah Azwan. Kecamatan Batam Kota sebanyak 300 batang, Sungai Beduk 300 batang, Sagulung 300 batang, Batu Aji 500 batang, Sekupang 500 batang, Lubuk Baja 300 batang, Bengkong 300 batang, Batu Ampar 500 batang, dan kecamatan Nongsa sebanyak 500 batang, rincinya.

Asisten Administrasi Umum, Maaz Ismail yang mewakili Walikota Batam, Ahmad Dahlan,  mengajak kepada peserta dan seluruh masyarakat agar menggiatkan kembali budaya gotong royong untuk membersihkan lingkungan. Dalam kesempatan itu, Maaz juga menyampaikan apresiasinya kepada Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Batam atas upayanya untuk menjadikan Batam bersih dan hijau, sehingga mendapatkan adipura.

“Mari kita bersihkan dan menjaga lingkungan masing-masing agar Batam ini menjadi bersih”, himbau beliau.

Sebelum dimulai kegiatan gotong royong, secara simbolis diserahkan beberapa bibit pohon dan peralatan gotong royong kepada perwakilan peserta yang terdiri dari unsur TNI, Satuan Brimob, Satpol-PP, SKPD, Kecamatan, Petugas Kebersihan dan Masyarakat. Penyerahan diawali oleh Asisten Administrasi Umum, Maaz Ismail selanjutnya Komandan Yonif 134 Tuah Sakti, Kadis. KP2K, Suhartini, Kadis PMP-KUKM, Pebrialin, Ketua DWP Kota Batam, Roza Maria Agussahiman dan Ketua TP. PKK Kota Batam yang diwakili oleh sekretaris TP. PKK, Nazila Syamsul Bahrum.

Di kecamatan Nongsa, Asisten Administrasi Umum mengawali kegiatan penanaman pohon di lokasi pencanangan diikuti ketua DWP Kota Batam dan dilanjutkan oleh seluruh peserta yang melakukan penanaman pohon disekitar pasar Hang Tuah dan Kampung Melayu. Hadir dalam acara tersebut beberapa kepala SKPD dilingkungan Pemko Batam, diantaranya Kepala Dinas Tata Kota, Gintoyono, SE, MM; Kadis. Pendidikan, Drs. Muslim Bidin, MM; Kadis. Disduk dan Capil, Drs. Sadri Khairudin, MM; Kabag. Tata Pemerintahan, Drs. Heriman. HK; dan Kabag. Humas, Drs. Yusfa Hendri, M.Si.

(humas_crew/rs)

1 COMMENT

  1. irianto
    Hallo PEMKO, dinama kami bisa mendapatkan secara cuma cuma, bibit pohon, untuk ditanam dilingkungan perumahanan. irt