Home Foto Pemko Perhatikan Infrasrtuktur Hinterland

Pemko Perhatikan Infrasrtuktur Hinterland

0
167

BATAM – Walikota Batam, Ahmad Dahlan melakukan safari Ramadan, Jum’at (5/8) di Kelurahan Pulau Abang Kecamatan Galang. Dalam acara tersebut, Dahlan berkesempatan mendengarkan keluh kesah masyarakat yang membutuhkan berbagai fasilitas infrastruktur.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU), Yumasnur, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), Muslim Bidin, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Chandra Rizal, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi dan UKM, Amsakar Achmad, Kepala Dinas Perindustrian, Perindustrian dan ESDM, Ahmad Hijazi, dan lainnya.

Ahmad Dahlan  berserta rombongan menggelar silaturahmi di Masjid Al-Jannah. Acara safari Ramadan hari itu diawali dengan berbuka puasa, dilanjutkan dengan Shalat Maghrib berjamaah. Kemudian baru dilanjutkan dengan jamuan makan bersama antara Wako dengan masyarakat setempat dan shalat tarawih berjamaah.

Sebelum digelar shalat tarawih, Ustadz Jamaludin Noor memberikan ceramah agama seputar keutamaan Ramadan. Menurutnya, diantara 11 bulan dalam setahun, bulan Ramadan mempunyai keutamaan yakni bulan pensucian diri, bulan yang agung, bulan berkah dan bulan puasa.

Setelah menggelar shalat tarawih, warga sekitar menyampaikan aspirasinya. Masalah yang dialami warga pulau abang yakni sekolah, kesehatan, peningkatan kesejahteraan nelayan serta pembangunan penahan gelombang.

Walikota Batam Ahmad Dahlan dalam tanggapan terkait aspirasi tersebut mengatakan Pemko Batam berusaha memenuhi segala kebutuhan masyarakat. “Infrastruktur, sekolah dan kesehatan merupakan prioritas Pemko,” katanya.

Kepala Disdik Kota Batam, Muslim Bidin mengatakan pembangunan sekolah di hinterland menggunakan sistem satu atap yakni SD dan SMP dalam satu kawasan. “Tujuannya supaya lebih efisien. Kepala sekolah hanya satu dan guru SD yang mempunyai spesifikasi S1 bisa diperbantukan mengajar di SMP,” katanya.

Terkait masalah kesehatan, Kepala Dinkes Kota Batam, Chandra Rizal mengatakan di Pulau Abang sudah ada puskesmas pembantu (pustu) dan tenaga kesehatan seorang dokter. “Petugas juga dilengkapi dengan sepeda motor dan speedboat,” katanya.

Kepalda Dinas PU Kota Batam Yumasnur mengatakan di kelurahan Pulau Abang, Pemko akan membangun sarana air bersih, sementara pembangunan penahan gelombang akan dipertimbangkan. “DIharakan masyarakat dapat menjaga hasil pembangunan yang telah diadakan Pemko Batam,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Batam juga menyerahkan bantuan lampu petromak dan bantuan pembangunan mesjid. Bantuan tersebut diterima imam masjid Al-Jannah, Efendi.

NO COMMENTS