Home Siaran Pers Pemko Beri Penghargaan Pada Pelaku Usaha Mikro Kreatif

Pemko Beri Penghargaan Pada Pelaku Usaha Mikro Kreatif

0
321

HUMAS PEMKO BATAM– Pemerintah Kota (Pemko) Batam memberikan penghargaan kepada tiga usaha mikro kreatif di Kota Batam. Penghargaan diberikan kepada Kenzi Snack, Teh Daun Mint dan Nuri Hijau. Selain itu secara simbolis diserahkan juga dana bergulir Tahun 2018 kepada koperasi di Kota Batam. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Wali Kota (Wawako) Amsakar Achmad usai memimpin upacara Peringatan Hari Koperasi Ke 71 Tingkat Kota Batam, Kamis (12/7) di Dataran Engku Putri.

Adapun tema pada peringatan ari Koperasi ke 71 Tingkat Kota Batam “Penguatan Koperasi Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional”. Dalam pidato Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah  RI, AAGN. Puspayoga menyampaikan koperasi memiliki peran strategis didalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Kementrian Koperasi telah melakukan tiga langkah strategis yakni reorientasi koperasi, rehabilitas koperasi dan pengembangan koperasi.
Melalui reorientasi koperasi lebih mengorientasikan pemberdayaan koperasi pada kualitas. Rehabilitas koperasi dengan membuat database koperasi di seluruh Indonesia. Dari keseluruhan jumlah koperasi sebanyak 215.570 unit pada tahun 2014 telah berkurang menjadi 152.714 koperasi. Sebanyak 80.008 koperasi telah melaksanakan rapat akhir tahun (RAT) yang belum melaksanakan RAT 72.706 dan yang dibubarkan sebanyak 40.103 koperasi.
“Kepada Gubernur, Bupati, Walikota dan seluruh gerakan koperasi diminta untuk dapat mendorong koperasi melakukan RAT agar seluruh koperasi menjadi sehat,” sebut Amsakar.
Data Kementrian Koperasi dan UKM dan BPS, koperasi memberi kontribusi terhadap PDB nasional 1,71 persen di tahun 2017. Tahun 2016 meningkat menjadi 3,99 persen dan tahun 2017 meningkat sebesar 4,48 persen.
“Diharapkan agar terjadi sinergi positif antara upaya yang dilakukan oleh gerakan koperasi dan pemerintah, sehingga koperasi menjadi kuat mampu meningkatkan perannya dalam mendorong pertumbuhan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan,” tutupnya.(HP)

NO COMMENTS