Home Foto Pemko Batam Kembali Gelar Car Free Day

Pemko Batam Kembali Gelar Car Free Day

0
152

BATAM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam kembali menggelar car free day, Minggu (19/1). Kegiatan yang digelar minggu kedua setiap bulan ini bertempat di depan Martabak Har, Nagoya.

Masyarakat Batam antusias mengikuti car free day. Kegiatan ini sebagai ajang refreshing ditengah kesibukan dan hiruk pikuk perkotaan. Masyarakat bisa bercengkrama dengan keluarga dan kerabat di tangah lingkungan tanpa asap kendaraan tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan, Zulhendri mengatakan car freeday salah satu dari 12 aksi internasional untuk mengurani efek rumah kaca yang bersumber dari kendaraan bermotor. “Sasaran car free day yakni mensosoalisaikan dan menkampanyekan pengurangan gas buang emisi 26 persen,” katanya.

Menurutnya, kegiatan melestarikan lingkungan pada dasarnya kewajiban semua masyarakat. Tak hanya itu, lingkungan yang bersih merupakan kebutuhan masyarakat. “Pemerintah hanya memancing salah satunya melalui kegiatan ini,” paparnya.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan sesungguhnya kegiatan car freeday sudah dimulai sejak lima tahun lalu oleh bike to work, club sepeda di Batam. “Bike to work, selain menggelar car free day juga mengajak masyarakat untuk menggukan sepeda,” katanya.

Dahlan mengimbau seluruh masyarakat untuk memasyaraktakan bersepeda selain mengurangi emisi gas juga sebagai sarana olah raga. “Sekarang bisa di setting tempatnya tanpa terkendala masalah jalan. Manfaatkan car free day , limit waktu yg diberikan dari jam 06.00 sampai jam 10.00 WIB,” imbuhnya.

Dahlan berharap masyarakat memanfaatkan momen car free day ini. Daerah yang biasanya penuh kendaraan, namun saat car free day kosong dan bisa dilakukan berbagai aktivitas masyarakat. “Diharapkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan meningkat,” aku Dahlan.

NO COMMENTS