Home Siaran Pers Pemko Batam Gelar Upacara HUT ke-50 Satlinmas

Pemko Batam Gelar Upacara HUT ke-50 Satlinmas

0
117

BATAM –  Pemerintah Kota (Pemko) Batam menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-50 Satuan Perlindungan Masyarakat, Kamis (19/4) di Lapangan Engku Puteri. Walikota Batam, Ahmad Dahlan bertindak sebagai inspektur dalam upacara yang diikuti perangkat pemerintah, instansi vertikal serta BUMN di Kota Batam.

Salah satu tugas penting Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ikut melakukan segala usaha dan kegiatan melindungi dan menyelamatkan masyarakat terhadap bencana sehingga dapat membatasi atau memperkecil korban serta mengurangi penderitaan masyarakat.

“Perlu kita sadari bersama bahwa hakekatnya satlinmas dapat difungsikan menjadi garda terdepan bagi pemda dalam membantu mengurangi resiko yang ditimbulkan akibat bencana alam, non alam, maupun bencana sosial, mengingat sejarah keberadaan satlinmas berasal dari masyarakat oleh masyarakat dan untuk masyarakat,” kata Ahmad Dahlan membacakan sambutan tertulis Mendagri Gamawan Fauzi.

Untuk terus mewujudkannya, tentunya diperlukan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), aparat satlinmas melalui pendidikan dan pelatihan secara berkala, sesuai dengan kebutuhan dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi.  “Dalam mengoptimalisasi pemberdayaan, aparat satlinmas harus selalu dilakukan dengan cara melibatkan aparat satlinmas dalam kegiatan penyelenggaraan penanggulangan bencana, termasuk di dalamnya pengurangan resiko bencana sebagai bagian dalam kesiap-siagaan menghadapi bencana,” ujarnya.

Pemerintah Kota Batam senantiasa mempersiapkan Satlinmas sebagai mobilisan yang sewaktu-waktu siap untuk dimobilisasi sebagai komponen cadangan Negara. “Pemko Batam senantiasa menjalin dan meningkatkan koordinasi dan komunikasi yang sinergis dengan instransi terkait serta lembaga masyarakat lain dalam melaksanakan tugas pokok Satlinmas,” paparnya.

NO COMMENTS