Home Foto Pemko Akan Terus Bangun SMK di Batam

Pemko Akan Terus Bangun SMK di Batam

0
332

BATAM – Penyediaan sumber daya manusia yang terampil dan berkualitas menjadi prioritas pemerintah Kota (Pemko) Batam dalam memenuhi kebutuhan tenaga-tenaga handal dalam membangun Batam. Terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas secara langsung akan memberi kontribusi bagi tercapainya pembangunan. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai salah satu lembaga pendidikan yang mempunyai misi menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah harus mampu mengisi lapangan kerja dan berkualitas profesional bagi industri-industri yang ada di Kota Batam. Untuk itu Pemko Batam akan terus memperbanyak keberadaan SMK di Batam dalam upaya memenuhi kebutuhan sumberdaya manusia yang siap pakai.

“saat ini baru ada 7 SMK di Batam. Proyeksi kami dalam 3 tahun ke depan Batam akan memiliki 35 SMK, baik negeri maupun swasta”, ujar Walikota Batam, Ahmad Dahlan saat menjadi Pembina Apel siswa-siswi SMK 6, Nongsa, Rabu (21/1).

Dahlan mengatakan dari jurusan yang ada di seluruh SMK saat ini merupakan jurusan yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan di Kota Batam. Dirinya meminta peran aktif kepala sekolah beserta jajaran dengan dibantu Dinas Pendidikan untuk terus membina hubungan baik dengan pihak swasta dalam upaya penyaluran siswa baik keperluan magang maupun selepas menempuh pendidikan. ““saya minta kepada kepala sekolah difasilitasi oleh dinas pendidikan untuk menjajaki kemungkinan untuk bekerjasama dengan pihak swasta. Nanti saya akan ikut langsung membantu apabila ada kendala”, jelasnya.

Dengan letak  pulau Batam  yang strategis menurut Dahlan membawa banyak investor yang berinvestasi di batam. Karena itu diperlukan tenaga-tenaga sumberdaya manusia untuk menggerakkan pembangunan. “ harus ada yang mengurus industri, mengurus pariwisata, mengurus pelabuhan, bandara dan lain sebagainya. Peluang itu yang harus bisa diisi oleh anak-anak semua generasi muda di Batam”, ujarnya.

Kepada para siswa siswi SMK, Wako berpesan untuk terus menimba ilmu dan bangga menjadi siswa SMK. Menurutnya siswa SMK memiliki 2 keunggulan, yakni yang pertama lulusan SMK merupakan tenaga yang siap pakai sedangkan yang kedua, kesempatan untuk masuk ke perguruan tinggi juga sama dengan lulusan sekolah lain. Ia berharap lulusan SMK kelak tidak berpuas diri dan terus mengembangkan ilmunya dan meraih pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. “meskipun memiliki keterampilan yang siap pakai, Jangan sampai ada yang tidak kuliah, harus jadi sarjana kalian semua.  Kalian berpeluang besar untuk maju di Batam ini”, pesan Ahmad Dahlan.

SMK 6 Kota Batam saat ini membuka 3 jurusan yakni teknik permesinan, teknik komputer jaringan dan tenik kendaraan ringan. SMK ini juga terus berupaya menjalin kemitraan dengan perusahaan-perusahaan besar di Kota Batam seperti PT Mc Dermott, PLN Batam, ATB dan lain sebagainya.

NO COMMENTS