Home Foto PAW Anggota DPRD Pengganti Rudi

PAW Anggota DPRD Pengganti Rudi

0
151

BATAM- Ketua DPRD Kota Batam, Surya Sardi, ST  mengambil sumpah janji Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Kota Batam periode 2009-2014  di Gedung DPRD Kota Batam, Rabu (6/4).

PAW dilakukan oleh Partai PKB dimana Tintin Yuniastusi, SE menggantikan Rudi, SE yang mengundurkan diri karena terpilih sebagai Wakil Wali Kota Batam pada pilkada yang lalu.

Sebagaiman diatur dalam Undang-undang, anggota DPRD kota yang berhenti atau mengundurkan diri akan digantikan oleh calon anggota DPRD yang memperoleh suara terbanyak pada urutan berikutnya, sesuai  dalam daftar peringkat perolehan suara dari partai politik yang sama pada daerah pemilihan yang sama.

Dengan demikian, berdasarkan SK Gubernur No. 156 Tahun 2011 tentang pemberhentian dan pengangkatan pergantian antar waktu anggota DPRD Kota Batam, Tintin maju sebagai anggota DPRD Kota Batam untuk melanjutkan sisa masa jabatan dari Rudi. Pergantian tersebut diusulkan oleh Pimpinan DPRD sekaligus meminta nama calon pengganti antar waktu kepada KPUD Kota Batam. Kemudian KPUD menyampaikan nama calon pengganti kepada Gubernur Kepulauan Riau melalui Wali Kota.

Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Soerya Respationo dalam pidatonya menyampaikan selamat kepada anggota dewan yang baru saja diambil sumpahnya agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya.

“Selamat kepada saudari Tintin, semoga dapat mengemban amanah yang di percayakan kepadanya dengan sebaik-baiknya,” ujar Soerya.

Dikatakan Wagub, sebagaimana dijelaskan dalam pasal 40 Undang-undang 32 Tahun 2004, DPRD adalah merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah dan berkedudukan sebagai unsur penyelenggaraan pemerintahan daerah. Sehingga menjadi seorang anggota DPRD memiliki peranan yang sangat strategis untuk mewujudkan aspirasi masyarakat, untuk memberikan pelayanan publik dan mewujudkan aspirasi masyarakat Batam.

Sidang paripurna istimewa PAW ini juga  dihadiri oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, Wakil Wali Kota Batam, Rudi SE, Sekretaris Daerah Kota Batam Agussahiman, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Buralimar, Asisten Administrasi Umum Maaz Ismail, Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Ketua KPU dan anggota serta Panwas Kota Batam.

(crew_humas/hw)

NO COMMENTS