Home Safari Ramadhan 1440 H Nuzulul Qur’an Momentum Menumbuhkan Kecintaan Pada Al-Qur’an

Nuzulul Qur’an Momentum Menumbuhkan Kecintaan Pada Al-Qur’an

0
117

HUMAS PEMKO BATAM – Peringatan Nuzulul Qur’an Tingkat Kota Batam 1440 H/2019 digelar di Masjid Darul Ihsan, Tanjung Sengkuang, KecamatanKecamatan Batu Ampar, Selasa (21/5).  Acara diawali dengan pemberian santunan kepada anak yatim se Kota Batam oleh Walikota Batam, Muhammad Rudi beserta istri, Marlin Agustina Rudi, Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad beserta istri, Erlita Sari Amsakar, Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin beserta istri Haryanti Jefridin.

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat yang hadir memenuhi undangan Walikota Batam dalam peringatan Nuzulul Qur’an Tingkat Kota Batam.
“Peringatan Nuzulul Qur’an ini sudah diawali dengan pemberian santunan kepada anak-anak yatim. Kami mohon maaf jika dalam pelaksanaan kegiatan ini terdapat banyak kekurangan,” katanya.
Ia mengatakan peringatan Nuzulul Qur’an Tingkat Kota Batam 1440 H ini sengaja digelar di Kecamatan Batu Ampar dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada masyarakat.
“Selain silahturahmi Pemerintah juga ingin dekat dengan masyarakat,” tutupnya.
Usai menyerahkan santunan bagi anak yatim, dilanjutkan dengan buka bersama dan shalat Maghrib berjamaah di Masjid Darul Ihsan bersama masyarakat.
Sementara peringatan malam Nuzulul Qur’an 1440 Hijriah dilaksanakan usai Shalat Isya dan Shalat Tarawih berjamaah. Diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Rahman Saputra yang merupakan juara 1 Tahfis Qur’an 5 juz atingkat Nasional Tahun 2016 di Nusa Tenggara Barat. Dilanjutkan dengan penampilan artis religi Wafiq Azizah yang menyanyikan lagu “Rahman Ya Rahman”.
Walikota Batam, Muhammad Rudi yang diwakili oleh Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat yang telah hadir bersama-sama dalam acara peringatan Nuzulul Qur’an.
“Istimewanya untuk masyarakat Tanjung Sengkuang Kecamatan Batu Ampar yang sudah hadir dengan antusias dalam acara peringatan Nuzulul Qur’an ini,” katanya.
Ia mengajak agar masyarakat Kota Batam memaknai peringatan Nuzulul Qur’an dengan menebarkan persamaan dan sikap positif ditengah bulan ramadhan.
“Melalui kegiatan ini mudah-mudahan semakin menumbuhkan kecintaan kita pada Al-Quran. Kami percaya semangat kita untuk meramaikan Nuzulul Quran ini sebagai implementasi kecintaan kita pada kitab yang maha dahsyat ini,” tuturnya.
Pada kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan tentang pembangunan Masjid Sultan Mahmud Riayatsyah II di Batuaji. Amsakar mengatakan masjid ini insya Allah akan menjadi masjid terbesar di Sumatra dengan kapasitas 25.000 jemaah.
“Insya Allah akan diresmikan 2 September dan dihadiri Ustaz Abdul Somad. Mari Bapak Ibu kita datang dengan berpakaian putih-putih. Mulai jam 08.30 pagi. Harapan kami masjid ini tak hanya sekadar menara gading, tapi hendaknya memiliki makna spiritual bagi kota kita tercinta ini,” kata dia.
Sebagai penutup, ia kembali mengingatkan masyarakat untuk bersama-sama membumikan nilai Qurani di tengah masyarakat Batam. Semoga Allah SWT senantiasa mencurahkan rahmat.
Malam peringatan Nuzulul Quran ini juga diisi ceramah yang disampaikan oleh Rektor Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Eka Putra Wirman. Dalam ceramahnya, ia menyampaikan keistimewaan bulan Ramadan. Di antaranya ibadah sunat yang dinilai seperti ibadah wajib di hari biasa.(HP)

NO COMMENTS