Home Siaran Pers MPP Batam Wujud Nyata Menuju Pelayanan Publik Kelas Dunia

MPP Batam Wujud Nyata Menuju Pelayanan Publik Kelas Dunia

0
207

HUMAS PEMKO BATAM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam mendapat penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia. Apreasiasi ini diberikan terkait komitmen Pemko Batam akan peningkatanan layanan publik melalui hadirnya Mal Pelayanan Publik (MPP) Batam sebagai wujud nyata Gerakan Indonesia Melayani  menuju pelayanan publik kelas dunia.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad menerima langsung penghargaan tersebut pada perhelatan Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental (PKN Revmen) yang digelar dibawah  Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia di Manado, Sulawesi Utara, Jumat (26/10) sore. Selain Pemko Batam, penghargaan yang sama juga diterima oleh Pemko Tomohon. Plakat penghargaan diberikan langsung Menko PMK Puan Maharani, turut ikut menyampaikan apresiasi Menkopolhukam Wiranto, Menpan RB Syafruddin, juga Mendagri Tjahjo Kumolo.

“Alhamdulillah, inisiatif untuk mendorong pelayanan sesuai harapan masyarakat. Sebelumnya, ada beberapa apresiasi dari berbagai pihak untuk MPP Batam, kini dari Kementrian PMK juga,” kata Amsakar, kemarin.

Amsakar berterima kasih kepada semua pihak yang turut andil memberikan dukungan maupun kontribusi, sehingga tata kelola pemerintah yang baik sesuai dengan harapan masyarakat.

“Kami merasa berbahagia, bagi seluruh pemangku kepentingan terimakasih support dan kontribusinya,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepad masyarakat Batam yang sudah memperlihatkan daya kritis atas pelayanan perizinan selama ini. Sehingga dari waktu ke waktu Pemko Batam terus membenahi dan memoles perizinan yang ada di MPP. Saat ini sudah terdapat 430 perizinan dari 30 instansi dengan 70 orang personil yang siap melayani.

Sejak ditetapkannya MPP Kota Batam menjadi studi tiru dan pilot project oleh Menpan RB, menurutnya sudah banyak daerah yang datang berkunjung ke MPP. Setidaknya hampir setiap hari ada daerah yang datang ke Batam untuk belajar ke MPP.

“Setiap hari itu ada saja daerah yang berkunjung untuk belajar ke MPP, seminggu bisa tiga atau empat kunjungan. Besok ada kunjungan dari Kota Solok, mereka juga mau belajar soal MPP,” kata Amsakar.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Batam Gustian Riau mengatakan, Nawacita Presiden Joko Widodo erat kaitannya dengan Revolusi Mental. Dalam hal ini, salah satunya pembenahan di sektor layanan publik.

“Layanan akan terus kami tingkatkan. Dengan ini, MPP Batam sudah delapan kali mendapat penghargaan,” imbuhnya.

Pada saat peresmian oleh Menpan RB Syafruddin akhir September lalu, setidaknya ada 30 instansi yang bergabung dan didalamnya ada sebanyak 430 pelayanan. dalam kesempatan itu, Wali Kota Batam Muhammad Rudi juga mendapat penghargaan sebagai pemilik MPP terbesar di Indonesia dan Kepala Dinas PTSP Gustian Riau sebagai pemilik MPP terlengkap.(HP)

NO COMMENTS