Home Siaran Pers Menteri Pertanian Buka PF2N 2010

Menteri Pertanian Buka PF2N 2010

0
168

*Diramaikan Oleh 181 Peserta

BATAM- Secara resmi, hari ini, Kamis (15/7) Menteri Pertanian, Suswono membuka Pekan Flori Flora Nasional (PF2N) 2010 di Engku Putri, Batam Centre bersama dengan Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan. Pameran bunga, buah dan sayur ini diikuti oleh 181 peserta yang berasal dari dalam dan luar negeri. Peserta berasal dari berbagai daerah yang tersebar di 31 Provinsi di Indonesia kecuali Lampung dan Kalimantan Tengah (Kalteng). Sementara peserta dari luar negeri berasal dari Thailand dan Malaysia yang masing-masing memesan dua stand.
Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri mengatakan, PF2N akan berlangsung sepekan dan berakhir pada Kamis (22/7) mendatang. Kegiatan PF2N ini bertujuan untuk mempromosikan hasil pembangunan dan produk hortikultura, termasuk pemberian informasi peluang investasi dibidang hortikultura dan penjajakan kerjasama bisnis antar pelaku usaha. Kegiatan lain yang akan digelar untuk meramaikan event ini seperti lomba tanaman hias tanaman anggrek, lomba merangkai bunga, lomba sanseviera aglonema puring, lomba tanaman anggrek dan lomba stand terbaik. Disamping itu masyarakat juga dapat mengikuti kursus dan demo tanaman hias.

“Dirjen Hortikultura juga akan melakukan penandatanganan MoU dengan Carrefour yang disaksikan langsung oleh Menteri. Juga akan ada penyerahan benih sayur dari PT East West Seed Indonesia (EWSI) kepada Dirjen Hortikultura,” jelas Yusfa.

Pengunjung  juga  dapat  mengikuti seminar peningkatan kualitas kebun tanaman hias yang akan diselenggarakan pada Jumat (16/7) esok,  di Pusat  Informasi  Haji  (PIH)  Batam  Centre. Yang akan  hadir sebagai pembicara pada acara itu seperi Dr. Suryo Wiyono, Ahli Agens Hayati IPB, Ir Rusidi, pakar pupuk organik PT Sang Hyang Sri, Marsudiyono, Peneliti PT Pertani dan Wawan K. Sumadiredja selaku Tenaga Ahli Pupul Organik PT Biosap.  Seminar lain yang dapat diikuti yakni seminar landscape Indonesia dan seminar industri peranggrekan yang digelar pada hari yang sama.

Sementara jadwal untuk lomba tanaman anggrek telah dimulai pada Kamis (14/7) bersamaan dengan lomba merangkai bunga.  Tempat penyelenggaraan lomba tanaman anggrek ini dilakukan di pusat acara pameran di Dataran Engku Putri, sementara untuk lomba merangkai bunga dilangsungkan di lantai IV Kantor Walikota. Pada saat pembukaan acara tersebut, Menteri Pertanian akan menyerahkan sertifikat varietas dari kepada Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan. Serta penyerahan bibit secara simbolik yang juga dilakukan oleh Menteri Pertanian, peninjauan stand dan aneka kegiatan lain.

Turut memeriahkan acara tersebut, artis Uli Sigar juga bakal hadir menyemarakkan acara pembukaan dengan menampilkan pementasan seni nyanyian anak alam. Pada hari perdana pelaksanaan PF2N ini juga digelar lomba stan cluster tanaman buah, lomba stan cluster tanaman hias dan lomba stan cluster tanaman sayuran dan biofarmaka. Untuk memeriahkan acara PF2N ini, Pemko Batam menghimbau masyarakat di Kota Batam untuk beramai-ramai mengunjungi arena pameran yang dipusatkan di Jalan Engku Putri, Batam Centre. Yang tak kalah menariknya, pada Sabtu (17/7) masyarakat dapat menyaksikan pawai kendaraan hias yang diikuti oleh peserta dari dalam dan luar Batam.(***)

Demikian Bagian Humas Pemko Batam.

www.humasbatam.com

foto lainnya**


NO COMMENTS