Home Siaran Pers Melestarikan Budaya, Melayu Rudi Berjoget Dangkung

Melestarikan Budaya, Melayu Rudi Berjoget Dangkung

0
126

BATAM- Pesta Anak Pantai tahun 2011 yang merupakan agenda tahunan kecamatan Sekupang, Minggu (2/10) di gelar di Pelantar Beton Kelurahan Tanjung Riau. Ribuan masyarakat kota Batam memenuhi pelantar ini untuk menyaksikan berbagai perlombaan yang di gelar panitia HUT RI Kecamatan Sekupang ini. Berbagai perlombaan tersebut antara lain lomba perahu layar, tarik tambang air, tepuk bantal dan  panjat pinang yang membuat tawa para penonton. Sebagai kampung tua, Tanjung Riau  memiliki potensi makanan khas melayu dan seni. Dan berbagai potensi tersebut ditunjukkan dalam komitmen panitia HUT RI tingkat Kecamatan Sekupang yang terus berupaya mengangkat tradisi dan budaya melayu.

Menutup rangkaian seluruh kegiatan peringatan HUT RI Ke 66 tingkat kota batam yang di gelar di Kecamatan-kecamatn, Wakil Walikota Batam, Rudi, SE hadiri Pesta Anak Pantai sekaligus Halal bi halal bersama masyarakat yang di gelar Kecamatan Sekupang tersebut. Rudi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan acara yang sangat bagus karena mengajarkan kepada generasi muda untuk kosisten melestarikan budaya dan tradisi melayu terutama perlombaan bahari khas daerah kepulauan.

“Untuk upaya terus melestarikan tradiri dan budaya melayu agar tidak terpinggirkan, maka kegiatan ini sangat bagus dan bermanfaat. Tentunya dengan keragaman tradisi yang ada di Kota Batam, karena kita berada di tanah melayu maka kita harus terus menjunjung budaya melayu,” jelasnya.

Setelah melakukan halal bi halal dengan masyarakat tanjung riau yang hadir, Rudi menuju pelantar beton untuk melepas peserta lomba perahu layar. Adapun berbagai nomor perlombaan sampan layar yang di gelar hari itu adalah sampan layar dengan peserta 9 orang, peserta 7 orang, peserta 5 orang dan peserta 3 orang. Masyarakat yang hadir antusias memberi semangat kepada peserta lomba. Usai melepas peserta lomba sampan layar, wawako mengunjungi beberapa stand permainan khas melayu. Antara lain, permainan congklak, permainan istana pasir dan joget dangkung. Rudi pun menyempatkan diri ikut berjoget dangkung bersama para penari-penari.

Rudi juga berkesempatan meresmikan perpustakaan “Fajar Mutiara”, yaitu perpustakaan yang di persembahkan oleh Holiday Inn sebagai bentuk kepedulian perusahaan yang berlokasi di wilayah Tanjung Riau tersebut untuk meningkatkan minat baca dan pengetahuan masyarakat.

(crew_humas/hw)

NO COMMENTS