Home Foto Melalui Rakor FKUB Wujudkan Kerukunan Umat Beragama

Melalui Rakor FKUB Wujudkan Kerukunan Umat Beragama

0
146

Batam- Wali Kota Batam Ahmad Dahlan dan Wakil Walikota Batam Rudi, SE berkesempatan menghadiri pembukaan rapat koordinasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) tingkat Provinsi Kepri, Sabtu (14/5) di Asrama Haji Batam Center. Dalam rangka terwujudnya masyarakat Provinsi Kepulauan Riau taat beragama, rukun, cerdas, mandiri, sejahtera lahir batin dan berakhak mulia, Provinsi Kepulauan Riau dalam hal ini Gubernur Kepri HM Sani mendirikan FKUB tingkat kecamatan se-Provinsi Kepri.

Melalui FKUB, HM Sani berharap dapat mewujudkan kerukunan antar umat beragama. Dalam sambutannya mewakili Kajaksaan Agung, Sofyan mengatakan bahwa demi terciptanya stabilitas ekonomi di Indonesia, maka kerukunan umat beragama sangatlah penting untuk ditingkatkan peran dan kapasitasnya. Sementara Menteri Agama yang diwakili Ketua FKUB Pusat Abdul Fattah menyambut baik inisiatif Gubernur Kepri yang mendirikan FKUB di tingkat kecamatan. Karena penanggulangan masalah sosial dapat dilakukan dari segi kerukunan umat beragama di tingkat terkecil. Selama ini FKUB hanya berada ditingkat Kabupaten dan Kota. Sehingga dapat dikatakan Provinsi Kepri merupakan pioner FKUB tingkat kecamatan.

Dirjen Kesbangpol Pusat Ahmad Basri yang mewakili Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan FKUB merupakan satu-satunya lembaga yang dapat mewujudkan kerukunan umat beragama. Ahmad menambahkan tindakan Gubernur Kepri merupakan tindakan yang luar biasa karena belum terpikirkan propinsi lain untuk membentuk FKUB di tingkat kecamatan. Sehingga perlu adanya koordinasi, sosialisasi dan kemitraan yang baik antara pemerintah dan FKUB sehingga tujuan bersama mewujudkan kerukunan antar umat beragama dapat tercapai. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Ahmad Basri yang didampingi Gubernur Kepri,  beserta seluruh kepala daerah se-Kepri, tidak terkecuali Ahmad Dahlan. Turut hadir seluruh kepala daerah kab/kota se-Kepri, seluruh Camat se-Kepri dan tokoh agama. (humas_crew/nn)

NO COMMENTS