Home Foto Masyarakat Diminta Sampaikan Aspirasi Melalui Kegiatan Musrenbang

Masyarakat Diminta Sampaikan Aspirasi Melalui Kegiatan Musrenbang

0
230

BATAM- Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan menyelenggarakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kelurahan dan Tingkat Kecamatan. Kegiatan ini dalam rangka menyerap dan menjaring aspirasi masyarakat dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan Kota Batam tahun anggaran 2012. Kegiatan Musrenbang Tingkat Kelurahan dan Tingkat Kecamatan ini berdasarkan surat Edaran Bersama Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas dan Menteri Dalam Negeri No.0259/M.PPN/I/2005 dan 050/166/SJ tanggal 20 Januari 2005 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Musrenbang serta PerdaNomor 02 Tahun 2006 tentang Tata Cara Penyusunan Rencana Pembangunan Daerah dan Pelaksanaan Musrenbang Daerah Kota Batam.

Untuk itu satuan perangkat kerja daerah (SKPD) Kota Batam diminta untuk menyampaikan usulan program kegiatan yang menjadi prioritas Tahun anggaran 2012 yang akan dibiyai dari dana APBD Kota, APBD Provinsi dan APBN. Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri menyebut bahwa program kegiatan yang disampaikan harus mengacu kepala RPJMD Kota Batam tahun 2006-2011. Rencana kerja SKPD menurutnya harus memperhatikan aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui kegiatan Musrenbang Tingkat Kelurahan dan Kecamatan.

“Untuk meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi dalam penyusunan perencanaan pembangunan, para SKPD diminta untuk dapat mengikuti kegiatan Musrenbang tingkat kelurahan dan tingkat kecamatan secara efektif,” sebut Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri.

Renja SKPD tahun anggaran 2012 kepala Wali Kota Batam melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Batam paling lambat pada tanggal 9 Maret 2011. Adapun jadwal pelaksanaan Musrenbang yakni dimulai dari Kecamatan Sekupang pada 1 Maret mendatang. Untuk kegiatan Musrenbang tingkat kelurahan telah dimulai oleh Kelurahan Tanjung Riau pada Senin (7/2), Kelurahan Patam Lestari pada Kamis (10/2), Kelurahan Sei Harapan pada Senin (14/2), Kelurahan Tiban Indah, Rabu (16/2), Kelurahan Tiban Baru, Kamis (17/2), Tiban Lama, Senin (21/2) dan Kelurahan Tanjung Pinggir pada Rabu (23/2).

Di Kecamatan Nongsa Musrenbang tingkat kecamatan akan dilaksanakan pada Nongsa Rabu (2/3). Musrenbang di kecamatan Nongsa diawali dari Kelurahan Batu Besar dan di Kelurahan Ngenang pada Senin (7/2) lalu. Di Kelurahan Kabil dan Sambau akan dilaksanakan pada Rabi (9/2). Musrenbang di Kecamatan Galang juga dilaksanakan pada Rabu (2/3) bersamaan dengan Musrenbang Kecamatan Nongsa. Musrenbang di Kecamatan Galang telah dimulai sejak Selasa (8/2) di Kelurahan Pulau Abang dan Galang Baru. Di Kelurahan Subang Mas dan Air Raja, Musrenbang dilaksanakan pada Kamis (10/2). Kegiatan Musrenbang di Kelurahan Rempang Cate digelar pada Kamis (17/2), di Kelurahan Sijantung pada Selasa (22/2) dan di Kelurahan Karas dan Sembulang akan dilaksanakan pada Rabu (23/2).

Untuk kegiatan Musrenbang di Kecamatan Belakang Padang dan Bulang akan dilaksanakan pada hari yang sama yakni pada Kamis (3/3). Di Kecamatan Belakang Padang, kegiatan Musrenbang akan dimulai dari Kelurahan Pemping dan Kelurahan Kasu pada Selasa (22/2). Di Kelurahan Pulau Terong dan Pecong kegiatan Musrenbang akan digelar pada Kamis (24/2) dan di Kelurahan Tanjung Sari dan Sekanak Raya pada Jumat (25/2). Di Kecamatan Bulang, Musrenbang telah dimulai sejak Senin (7/2) di Kelurahan Batu legong, Pantai Gelam dan Setokok. Dilanjutkan dengan kegiatan Musrenbang di Kelurahan Bulang Lintang, Pulau Buluh dan Temoyong pada Kamis (10/2).

Musrenbang di Kecamatan Lubuk Baja dan Bengkong akan dimulai pada Jumat (4/3) mendatang. Di kecamatan Lubuk Baja, Musrenbang diawali di Kelurahan Tanjung Uma pada Selasa (8/2) lalu. Di Kelurahan Baloi Indah, Musrenbang akan digelar pada Jumat (11/2), di Kelurahan Batu Selicin Senin (14/2), di Kampung Pelita Jumat (18/2) dan di Kelurahan Lubuk Baja Kota Musrenbang akan dilaksanakan pada Kamis (24/2). Sementara di Kelurahan Bengkong, Musrenbang juga telah berlangsung sejak Selasa (8/2) lalu di Kelurahan Bengkong Indah. Untuk Kelurahan Tanjung Buntung, Musrenbang akan digelar pada Senin (14/2), di Kelurahan Sadai pada Senin (21/2) dan di Kelurahan Bengkong Laut pada Senin (28/2).

Pelaksanaan kegiatan Musrenbang di Kecamatan Sungai Beduk dan Kecamatan Batu Aji, menurut Yusfa akan dilaksanakan pada Senin (7/2). Di Kecamatan Sungai Beduk akan dimulai dari Kelurahan Tanjung Piayu pada Jumat (11/2). Dilanjutkan oleh Kelurahan Muka Kuning pad aRabu (16/2), di Kelurahan Duriangkang pada Kamis (17/2) dan di Kelurahan Mangsang Musrenbang dilaksanakan pada Senin (21/2). Di Kecamatan Batu Aji, Musrenbang juga telah dimulai pada Rabu (9/2). Kelurahan Kibing pada Jumat (11/2), Tanjung Uncang Selasa (22/2) dan di Kelurahan Buliang pada Jumat (18/2).

Untuk kegiatan Musrenbang di Kecamatan Batam Kota dan Kecamatan Sagulung akan dilaksanakan pada Selasa (8/3). Di Kelurahan Sukajadi, Musrenbang akan dilaksanakan pada Selasa (8/2), Kelurahan Taman Baloi Jumat (11/2), Kelurahan Baloi Permai Senin (14/2), Kelurahan Teluk Tering Jumat (18/2). Kelurahan Sei Panas Rabu (23/2) dan di kelurahan Bulian Musrenbang akan dilaksanakan pada Kamis (24/2). Di Kecamatan Sagulung, kegiatan Musrenbang akan diawali dari Kelurahan Sagulung Kota pada Rabu (9/2). Dilanjutkan di Kelurahan Sei Langkai Kamis (10/2), Kelurahan Sei Binti Rabu (16/2), Kelurahan Sei Pelunggut Jumat (18/2), Kelurahan Tembesi Jumat (25/2) dan Kelurahan Sungai Lekop Senin (28/2). Terakhir kegiatan Musrenbang akan dilaksanakan di Kecamatan Batu Ampar pada Rabu (9/3). Yang akan diawali dari Kelurahan Batu Merah pada Kamis (10/2), Kelurahan Sungai Jodoh Jumat (18/2), Kelurahan Tanjung Sengkuang Senin (21/2) dan terakhir kegiatan Musrenbang akan dilaksanakan pada Selasa (22/2) di Kelurahan Kampung Seraya.

“Melalui kegiatan Musrenbang Tingkat Kelurahan dan Kecamatan ini diharapkan masyarakat dapat menyampaikan aspirasinya. Kepada masing-masing SKPD diharapkan dapat mengikuti pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kelurahan dan Kecamatan ini secara efektif. Karena Renja SKPD harus disampaikan selambatnya pada 9 Maret mendatang,” pungkasnya.

(crew_humas/dv)

NO COMMENTS