Home Siaran Pers Masyarakat Dapur III Minta Jalan Menuju Kampung Mereka Diaspal

Masyarakat Dapur III Minta Jalan Menuju Kampung Mereka Diaspal

0
165

BATAM – Buka Puasa di Dapur III, Kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang bersama Wakil Wali Kota (Wawako) Batam disambut hangat oleh masyarakat setempat. Sebelum kegiatan safari Ramadan 1431 Hijriah, Jumat (20/8) berlangsung, Wawako yang tiba bersama istri, Suprati Ria Saptarika berkeliling ke pemukiman penduduk. Menjelang berbuka puasa itu, Ria menyempatkan diri berdialog dengan masyarakat setempat. Usai melihat-lihat, Ria bersama dengan segenap pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam menggelar buka bersama dengan masyarakat di Masjid Nurul Qomar. Usai berbuka, acara safari Ramadan sore itu dilanjutkan dengan Shalat Maghrib berjamaah.

Jumlah masyarakat di Dapur III, Kelurahan Sijantung Kecamatan Galang sebanyak 106 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 300 jiwa. Mata pencaharian masyarakat setempat adalah sebagai nelayan. Dalam dialog antara masyarakat dengan Wawako, Ahmad Sulaiman selaku pengurus Masjid menyampaikan aspirasi warga setempat yakni terkait pembangunan jalan dan perbaikan rumah dinas guru. Adapun panjang jalan menuju pemukiman mereka yakni 7 kilo meter. Namun hingga kini kondisi jalan yang baru diaspal sepanjang setengah kilo meter dan sisanya 6,5 kilo meter masih jalan batu. Sementara untuk rumah guru, menurut Ahmad rusak berat seperti atapnya yang bocor sehingga harus diperbaiki. Katanya, perumahan guru tersebut sudah berdiri sejak tahun 1981 dan di awal tahun 1990 kondisi perumahan tersebut mulai rusak hingga saat ini
“Jalan ini sudah sejak tahun 2007 lalu kami usulkan untuk diaspal, tapi masih belum diaspal. Kami mengharapkan jalan ini dapat diasapal, jika tidak bisa dilakukan secara langsung bisa dilaksanakan secara bertahap,” kata Ahmad.

Atas kehadiran Wawako bersama segenap pegawai di Lingkungan Pemko Batam yang telah berkunjung ke daerah mereka, masyarakat setempat mengucapkan terimakasih. Ahmad mengatakan, apa yang menjadi permintaan masyarakat ini hendaknya dapat dikabulkan sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat. Wawako, Ria Saptarika pada kesempatan itu memberikan pujian kepada masyarakat setempat yang berhasil menciptakan kerukunan hidup beragama. Pasalnya, pada malam safari Ramadan tersebut, tidak hanya umat muslim yang hadir, warga yang non muslim juga ikut hadir pada malam tersebut. Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Dapur III.
“Di sini menunjukkan bahwa kehidupan beragama bebas dari persoalan politik. Selain itu tidak ada iri atau dengki, sehingga kerukunan umat beragama bisa terjaga dan ini menurut saya perlu dicontoh,” katanya.

Menyingung mengenai usulan untuk perbaikan jalan, Wawako berjanji agar jalan sepanjang 6,5 kilo meter yang belum diaspal tersebut dapat diaspal. Meski tidak dapat dilakukan secara sekaligus, Wawako berjanji pengaspalan akan dilakukan secara bertahap. Demikian juga dengan perbaikan rumah guru yang menurut warga sudah rusak parah. Dalam kesempatan itu, Wawako menyerahkan santunan kepada anak yatim di kelurahan tersebut dan juga bantuan untuk kelanjutan pembangunan Masjid Nurul Qomar.(crew_humas/dv)

NO COMMENTS