Home Siaran Pers Marlin Pimpin Kerabat-Barkad

Marlin Pimpin Kerabat-Barkad

0
166

HUMAS PEMKO BATAM – Marlin Agustina Rudi dikukuhkan sebagai Ketua Keluarga Besar Masyarakat Kabupaten Karimun Batam (Barisan Keamanan Daerah) Kerabat-Barkad masa Bakti 2019-2023. Ia menjadi perempuan pertama dan satu-satunya di ke-organisasian sosial Kerabat-Barkad yang menjabat ketua umum. Secara resmi istri Walikota Batam, Muhammad Rudi ini dilantik oleh Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Nurdin Basirun di Golden Prawn, Sabtu (30/03). Bersamaan dengan pengukuhannya sebagai Ketua Umum Kerabat-Barkat juga dilantik Ketua Barkad Kota Batam, Muhratman Ujank.

Ketua Panitia, Raja Azmansyah melaporkan terpilihnya Marlin sebagai Ketua Kerabat- Barkad berdasarkan hasil musyawarah ke-3 Kerabat-Barkad di Hotel PIH, Batam Centre pada 10/11/2018. Marlin terpilih secara aklamasi yang diputuskan oleh Dewan Pimpinan Karabat- Barkad. Organisasi ini bertujuan sebagai wadah berkumpul masyarakat Karimun yang ada di Kota Batam dan ingin berkontribusi dalam pembangunan Kota Batam.

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengharapkan organisasi ini dapat memberikan kontribusi besar dalam pembangunan Kota Batam dan Provinsi Kepri. Katanya, perkembangan pesat yang telah dilakukan Kota Batam hendaknya dapat ditiru oleh daerah-daerah lainnya dengan mengembangkan potensi yang dimiliki.

“Saya yakin dan percaya jumlah yang cukup besar ini yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh politik, tokoh pengusaha dapat berkontribusi membangun Kepri. Saya bangga karena masyarakat dari Karimun ikut serta dalam pembangunan Kepri,” harap Nurdin.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengingatkan bahwa adanya transparansi dalam organisasi sangat diperlukan sehingga kedepannya organisasi dapat bertahan. Selain itu kekompakkan dan silahturahmi juga harus dijaga. Pembangunan dan keamanan Kota Batam bukan tanggung jawab pemerintah tetapi merupakan tanggung jawab bersama.

“Demokrasi didalam organisasi harus diterapkan sehingga kedepannya tidak berbenturan dengan kepentingan – kepentingan pribadi,” pinta Rudi.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq yang merupakan putra daerah Karimun dan juga pimpinan daerah sangat mengapreasi dengan dilantiknya Ketua Kerabat-Barkat Kota Batam. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Kota Batam yang berasal dari Kabupaten Karimun kompak. Harapannya, organisasi ini dapat membawa masyarakat Karimun untuk pulang memajukan Karimun. Bagi yang menetap di Kota Batam ia harapkan untuk tidak melupakan tanah kelahirannya.

Ia juga mengatakan bahwa apa yang dilakukan Walikota Batam dalam membangun Batam patut dicontoh. Sehingga kedepannya Kota/kabupaten yang berada di Provinsi Kepri, khsususnya Karimun dapat berkembang seperti Kota Batam.

“Saya menitipkan masyarakat Karimun yang ada di Kota Batam untuk dapat membantu sesama dan Pemerintah untuk dapat turut serta dalam pembangunan Kota Batam,” Ujar Rafiq

Marlin Agustina Rudi mengaku terkejut saat diminta langsung oleh masyarakat Karimun di Kota Batam untuk menjadi Ketua Kerabat-Barkat Kota Batam. Menurutnya jabatan ini belum pantas beliau emban dimana masih banyak tokoh-tokoh karimun yang lebih pantas. Namun beliau siap untuk mengemban tugas ini dengan dibantu dan didukung oleh para pengurus dan anggota.

“Sebenarnya saya berat untuk mengemban jabatan ini tetapi karena saya diminta saya akan berusaha dan semaksimal mungkin. Saya akan bersinergi dengan para pengurus lainnya agar Kerabat-Barkad Kota Batam dapat menjadi mitra pemerintah dalam perkembangan Kota Batam,” janjinya.

Namun berkat dukungan keluarga, khususnya suaminya, Rudi, Marlin akhirnya berani mencoba amanah yang diberikan kepadanya itu.

“Kalau tak coba, tak tahu kendalanya dimana. Kalau baik lanjutkan. Kalau tidak, tentu ada langkah-langkah berikutnya,” ujarnya.

Disinggung soal program kerja, Marlin mengaku belum bisa memberikan janji-janji. Ia masih akan merapatkan hal itu dahulu dengan pengurus lainnya.

Meski begitu, mengingat pengalamannya selama ini sebagai Ketua GOW Batam, Tim Penggerak PKK Kota Batam, Ketua Dekranasda Kota Batam, ia juga punya konsen untuk menggerakkan ekonomi anggotanya lewat kegiatan ekonomi kreatif. Ia yakin dengan semangat bersama, harapan itu bisa terwujud.

“Kami berharap keberadaan kami ini bisa berkontribusi dengan pemerintah. Kebetulan suami saya wali kota, mungkin dinilai lebih mudah akses ke sana. Pintar orang-orang ini milih saya ya,” kata Marlin seraya tertawa.

Pengukuhannya sebagai Ketua Kerabat-Barkat ditandai dengan prosesi tepung tawar. Turut hadir Wakil Gubernur Kepri, Isdianto, Anggota DPR RI Dapil Kepri, Drs. Nyat Kadir, DPD RI Dapil Kepri, Hardi Selamat Hood yang juga merupakan putra daerah Kabupaten Tanjung Balai Karimun, Pengurus Lembaga Adat Melayu Kabupaten  Karimun, tokoh – tokoh masyarakat Karimun dan Masyarakat Tanjung Balai Karimun.(HP)

NO COMMENTS