Home Siaran Pers Lelang Online Pemko Batam Resmi Beroperasi

Lelang Online Pemko Batam Resmi Beroperasi

12
191

BATAM – Proyek pengadaan barang Pemko Batam kini di lelang secara online. Walikota Batam, Ahmad Dahlan bersama Wakil Walikota Batam, Ir Ria Saptarika meluncurkan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) di Kantor Walikota Batam, Selasa (24/3/2009). Layanan ini bertujuan untuk mempermudah Pemerintah Kota Batam dalam melakukan seleksi para calon yang akan mengambil suatu tender.

” Tender manual yang selama ini biasa di umumkan lewat media, sekarang sudah dapat diakses lewat internet. Siapapun dapat mengakses sekaligus mengajukan diri jika berminat mengikuti lelang proyek kami. Sejak hari ini, Pemkot Batam akan memasuki era baru dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat,” sebut Ahmad Dahlan, sesaat sebelum peluncuran, di ruang presentasi kantor Walikota Batam.

Peluncuran LPSE Kota Batam dihadiri Deputi Monitoring-Evaluasi dan Pengembangan Sistem Informasi, Bappenas RI, Prof. Ir Himawan Adinegoro, MSc. Dari unsur DPRD juga hadir Setyasih Periherlina, Bastoni Solichin, Wardi Atmowiyono dan Imam Subagyo.

Menurut Prof Himawan Adinegoro, MSc, Kota Batam merupakan kota ke 16 di Indonesia yang menerapkan sistem e-tender yang dirancang Bappenas. Setelah Batam, penerapan sistem yang sama juga disusul Komisi Pemberantasan Korupsi, Depkeu, Bappenas, Lembaga Sandi Negara, Mabes Polri dan Pemda Aceh.

“Di provinsi Kepri, baru Kota Batam dan pemprov Kepri saja yang menggunakan sistem kami. Dan kamilah pihak yang paling bertanggungjawab atas sistem LPSE yang di terapkan Kota Batam” sebut Himawan.

Pada penerapan sistem e-tender ini, pengusaha tetap untung. Begitu juga kepala daerah. Melalui pemanfaatan sistem informasi yang ada, tiap kepala daerah bisa mengontrol kinerja anak buah secara langsung, tanpa harus turun ke bawah. Penerapan sistem ini berpedoman keopada Peraturan Presiden No 8 tahun 2006, tentang perubahan ke empat atas perubahan Keppres 80 tahun 2003. Ditingkat lokal, LPSE Kota Batam dipayungi oleh Peraturan Walikota Batam.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan menyambut baik terbentuknya LPSE Kota Batam. Bahkan sebelum diluncurkannya website LPSE Kota Batam, Wako memberikan ucapan terimakasih secara khusus kepada Wakil Walikota Batam, Ir Ria Saptarika atas sikap “tunaknya” membangun sistem layanan pengadaan barang secara elektronik ini.

“Saya tahu dia ‘keukeuh’, bekerja siang malam untuk merealisasikan program ini. Saya optimis sistem ini bisa berjalan sesuai harapan, karena dari sisi infrastruktur, masyarakat Batam sudah cukup familiar dengan pemakaian internet baik di rumah maupun kantor” sebut Dahlan.

Hari pertama diluncurkan, Pemko Batam resmi melelang secara online 8 pekerjaan. Tujuh kegiatan yang dilelang adalah proyek fisik Dinas Pekerjaan Umum, dan satu lagi proyek pengadaan komputer pada Bagian Perlengkapan dan Asset, Sekretariat Daerah Kota Batam. Berikutnya menyusul proyek lain dari Dinas Tata Kota, Bagian Humas dan juga Dinas Pekerjaan Umum.

Menurut Wakil Walikota Ir Ria Saptarika, lelang online ini terbuka untuk umum. Semua rekanan bisa mendaftar, asalkan bisa penuhi syarat/ketentuan yang di umumkan. Pada web lelang, menu yang ditampilkan tidak hanya informasi seputar kegiatan lelang, tapi juga info perusahaan daftar hitam yang di kategori tidak layak untuk mengikuti segala bentuk pekerjaan dalam e-tender Pemkot Batam.

Sejauh ini, calon rekanan yang terdaftar sebagai peserta lelang, terdaftar dan teregistrasi sebanyak 40 perusahaan. Jumlah tersebut diyakini terus bertambah karena batas waktu pendaftaran masih panjang, ditetapkan 2 minggu terhitung sejak tanggal peluncuran. Sementara nilai proyek yang di lelang melalui sistem ini yaitu proyek diatas Rp 100 juta.

” Peserta boleh dari luar daerah. Melalui sistem ini, saya yakin azas transparansi tersebut bisa dicapai karena dari 12 tahapan lelang, hanya 2 kali saja bertemu calon rekanan bertemu panitia. Yaitu ketika mendaftar, dan terakhir setelah pemenang lelang diumumkan,” sebut Wawako.

Ruang LPSE Kota Batam berada di lantai I Kantor Walikota Batam. Di ruang tersebut Pemerintah telah menunjuk sebanyak 20 orang pegawai, yang bertugas membangun citra Pemko Batam melalui penggunaan sistem ini. Bangganya, sistem ini hanya dibangun dalam tempo waktu lebih kurang 5 bulan, terhitung sejak pengajuan resmi dari Pemko Batam disampaikan ke pihak LKPP di Jakarta.

Ruang LPSE Kota Batam dilengkapi 12 unit komputer, 2 unit server. Jaringan internet terkoneksi secara LAN dan Wireless. Sebanyak 6 unit komputer, sesuai fungsi LPSE dipakai untuk tempat pelayanan dan bertanya bagi panitia dan para rekanan, sekaligus melayani dan memberikan bantuan tekhnis kepada pengguna baik panitia maupun rekanan. Akses internet yang disediakan bisa di pakai oleh secara percuma untuk mendaftar sebagai rekanan atau download. Aktivasi internet tersebut tidak dipungut biaya alias gratis (*)

12 COMMENTS

  1. Kelvin
    BANDUNG, KOMPAS.com — Tercatat sebanyak 24 pulau kecil di Indonesia telah lenyap, baik akibat kejadian alam, maupun ulah manusia. Namun, itu belum seberapa. Yang lebih mengkhawatirkan, 2.000 pulau lain di Tanah Air juga terancam tenggelam akibat dampak pemanasan global. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI Freddy_ TANAM POHON>>>>
  2. Kelvin
    Pemerintah kota batam Galakan Kampanye tanam Pohon ES kutup Utara dan Selatan menacir dengan cepat...Air laut akan NAIK 7 METER BANDUNG, KOMPAS.com — Tercatat sebanyak 24 pulau kecil di Indonesia telah lenyap, baik akibat kejadian alam, maupun ulah manusia. Namun, itu belum seberapa. Yang lebih mengkhawatirkan, 2.000 pulau lain di Tanah Air juga terancam tenggelam akibat dampak pemanasan global. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI Freddy_ TANAM POHON>>>>
  3. sadar tarigan
    assalamualikum, YTH Bapak walikota Batam di- tempat kami sangat berminat turut berpartisipasi dalampembangunan kota batam,sesuai dengan keahlian yang kami miliki,silahkan melihat pada profile kami terimakasih ataskesempatannya salam sadar tarigan
  4. Tato Suwarto
    Saya tertarik pada posting ini dan pada kesempatan pertama saya akan datang (pertemuat darat) ke LPSE Pemko Batam untuk mendapat keterangan lebih lengkap. Terima kasih.
  5. Muda sinaga
    On linenya jangan cuma untuk bergaya,yang penting bukti.Proyek cepat di kerjakan,pembangunan ceap selasai rakyan bisa menikmati.AYO CEPAT,Kita harus maju gak perlu nunggu anak cucu.
  6. amir
    SELAMAT & SUKSES...mdh2an dgn terbuka nya lelang online bisa memberi konstribusi positif untuk Pemko &masyarakatBatam pasca FTZ Go a head BATAM!
  7. sagulung
    Makin ngejreng deh Pemko Batam dgn program lelang on line ini. Harapan kami masy ini pekerjaan2 yg berbiaya besar bs secepatnya dikerjakan tanpa membuang2 waktu utk melayani mafia2 proyek. Bravo LPSE. Ma kasih pak Walikota dan jajarannya