Home Siaran Pers Lafaz Takbir Lepas Peserta Pawai Idul Adha 1439 Hijriah

Lafaz Takbir Lepas Peserta Pawai Idul Adha 1439 Hijriah

0
362

HUMAS PEMKO BATAM – Lafaz takbir melepas barisan peserta pawai takbir sempena hari raya Idul Adha Tingkat Kota Batam Tahun 1439 Hijriah, Selasa (21/8) di Dataran Madani atau seputaran Palm Spring. Takbir dikumandangkan secara bergantian oleh Wakil Walikota (Wawako) Batam, Amsakar Achmad bersama anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Batam. Dimulainya pawai takbir diawali dengan laporan yang disampaikan oleh Wakasat Lantas Polresta Barelang, AKP Kartijo kepada Wawako.

Barisan pawai takbir dibuka oleh iringan kendaraan hias dari Kecamatan Lubuk Baja beserta kelurahan. Disusul kendaraan hias dari Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertaman, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kecamatan Nongsa, Kecamatan Bengkong, Kecamatan Nongsa dan sejumlah masjid. Beragam replika yang ditampilkan peserta diantaranya replika perahu, Kabah dan unta. Masyarakat Kota Batam pun terlihat antusias menyaksikan pawai takbir. Terluhat dari ramainya warga yang berdiri di sepanjang Dataran Madani.

Ketua Panitia pawai takbir Idul Adha, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemko Batam, Yusfa Hendri melaporkan jumlah peserta pawai takbir Idul Adha sebanyak 63 kendaraan hias.

“Peserta terdiri dari kelurahan, kecamatan, OPD, FKPD, Masjid, Ormas dan partisipan. Peserta pawai akan melintas dari Dataran Madani menuju Laluan Madani, Jalan Yos Sudarso, Lubuk Baja, Harbour Bay, Hotel Pacific, Bundaran Madani dan finis di Masjid Agung,” jelasnya.

Pawai takbir Idul Adha ini dilombakan dan Pemko Batam telah menyediakan hadiah total sebesar Rp54 juta. Panitia akan memilih kendaraan hias yang memenuhi kriteria penilaian untuk menentukan juara 1 hingga ke 4.

Dalam laporannya Yusfa menyampaikan total hewan qurban se Kota Batam berjumlah 2.596 ekor. Terdiri dari 888 ekor sapi dan 1.708 ekor kambing. Untuk pelaksanaan Shalat Idul Adha Tingkat Kota Batam dilaksanakan di Dataran Engku Putri dan di Lapangan Bola Sei Harapan Rabu (22/8).

“Walikota akan Shalat Idul Adha di Dataran Engku Putri dan Bapak Wakil Walikota akan shalat di lapangan Bola Sei Harapan dan akan dimulai pukul 07.00 wib. Selanjutkan Pak Wali dan pak Wawako akan menyaksikan penyembelihan dan penyerahan hewan qurban di Masjid Agung dan Masjid Baiturahman,” sebutnya.

Wawako mengatakan Idul Adha Tahun 1439 Hijriah hendaknya menjadi momen untuk menumbuhkan semangat berkurban dari warga Batam untuk Indonesia dan untuk Kota Batam.

“Spirit peristiwa nabi Ibrahim bisa menjadi teladan bagi kita semua dalam rangka membangun semangat rela berkorban itu,” katanya.

Khusus untuk pawai, Wawako mengapresiasi peserta yang ikut berpartisipasi. Wawako juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada peserta pawai takbir.

“Meskipun ekonomi belum membaik, tidak mengurangi antusiasme warga berbondong-bondong menyemarakkan malam Idul Adha. Semoga menjadi sinyal positif bagi Kota Batam,” pungkasnya.(HP)

 

NO COMMENTS