Home Siaran Pers KoNTekS 12 Bahas Penerapan Teknologi Prioritas Untuk Mewujudkan Infrastruktur Indonesia Yang Berkualitas

KoNTekS 12 Bahas Penerapan Teknologi Prioritas Untuk Mewujudkan Infrastruktur Indonesia Yang Berkualitas

0
375

HUMAS PEMKO BATAM – Walikota Batam, Muhammad Rudi diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin membuka acara Konfrensi Nasional Teknik Sipil (KoNTekS) 12, Selasa (18/9) di Hotel Pacific Palace. Kegiatan yang barlangsung dua hari ini diikuti oleh perwakilan dari 50 Universitas di Indonesia. Selaku tuan rumah tempat diselenggarakannya KonTekS 12, Jefridin menyampaikan ucapan terimakasih. Ia menjelaskan saat ini Batam tengah melakukan pembangunan infratruktur dengan tujuan menjadikan Batam sebagai daerah tujuan wisata. Diakuinya banyaknya kunjungan ke Batam akan berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Batam.

Dari pembenahan infrastruktur jalan yang dilakukan sejak 2016 lalu, diakuinya telah meningkatkan angka kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Batam. Jalan yang dibangun oleh Pemko Batam juga dilengkapi oleh taman dan tempat bagi pejalan kaki. Diharapkan kunjungan Wisatawan yang selama ini 1,5 juta setahun bisa meningkat hingga 3 juta ditahun 2018.

“Selamat datang di Kota Batam. Saat ini kami tengah membangun infrastruktur jalan untuk menjadikan Batam sebagai tujuan wisata. Nanti kalau ke Singapura cukup sekedar jalan-jalan saja, belanja dan menginapnya tetap di Batam,” candanya.

Adapun tema pada kegiatan KoNTekS 12 “Penerapan Teknologi Prioritas Dalam Rangka Mewujudkan Infrastruktur Indonesia Yang Berkualitas”. Ketua Panitia KoNTekS 12, Harijanto Setiawan menyebut KoNTekS merupakan pertemuan ilmiah tahunan dibidang teknik sipil yang telah diselenggarakan sejak tahun 2007. Penyelenggaraan KoNTekS diinisiasi oleh Program Studi Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) yang kemudian semakin berkembang sehingga akhirnya terbentuk konsorsium tujuh Program Studi Teknik Sipil dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia sebagai penyelenggara KoNTekS.

Hingga saat ini konsorsium beranggotakan Program Studi dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Universitas Pelita Harapan (UPH), Universitas Udayana (UNUD), Universitas Trisakti (USAKTI), Universitas Sebelas Maret (UNS), Institut Teknologi Nasional (ITENAS), dan Universitas Tarumanagara (UNTAR). Konsorsium ini merupakan wadah kerjasama antar Program Studi Teknik Sipil yang menjadi anggotanya yang kegiatannya akan terus dikembangkan sehingga mampu memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi dunia Teknik Sipil di Indonesia.

“Sejak tahun 2011, saat penyelenggaraan KoNTekS 5 di Universitas Sumatera Utara, KoNTekS telah mendapat dukungan sepenuhnya dari Badan Musyawarah Pendidikan Tinggi Teknik Sipil Seluruh Indonesia (BMPTTSSI) dan telah dijadikan konferensi tahunan BMPTTSSI,” sebutnya.

Diagendakan KoNTekS 13 pada tahun 2019 akan diselenggarakan di Provinsi Aceh. Adapun yang menjadi keynote speaker Prof. Hu Hsuan-The membahas topik “Finite Element Analysis of Concrete Filled Tube Columns”, selanjutnya Barry Kok membahas topic “Reliability Based Geotechnical Design in Soft Soils Engineering”.(HP)

NO COMMENTS