Home Foto Kementerian PU Serahkan 4 TB Rusunawa Ke Pemko Batam

Kementerian PU Serahkan 4 TB Rusunawa Ke Pemko Batam

0
156

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum (PU) resmi menghibahkan sebanyak 4 twin block (TB) Rumah Rusun Sederhana Sewa (Rusunawa) yang berada di kelurahan Tanjung Uncang, Kecamatan Batu Aji kepada Pemerintah Kota Batam. Serah terima proyek Kementerian PU tahun anggaran 2010/2011 ini ditandai dengan penandatanganan naskah perjanjian hibah dan berita acara serah terima barang milik negara berupa rusunawa yang ditandangani oleh Dirjen Cipta Karya Kementerian PU dan Wakil Walikota Batam, Rudi di Auditorium Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta, Selasa (21/1).

4 TB Rusunawa di Tanjung Uncang yang diserahkan memiliki total unit sebanyak 396 unit dengan nilai investasi senilai Rp 52,58 miliar.

Selain Kota Batam, Kementerian PU juga memberikan hibah kepada 20 Kota/Kabupaten di Indonesia yaitu Kota Medan, Kota Tanjung Balai, Kota Pangkal Pinang, Kabupaten Serang, Kota Tangerang, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kota Semarang, Kabupaten Jepara, Kota Surakarta, Kota Salatiga, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kota Probolinggo, Kabupaten Madiun, Kota Banjarmasin dan Kabupaten Bantaeng dengan jumlah sebanyak 44 twin block senilai Rp 540,2 miliar.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PU Imam S. Ernawi mengungkapkan proses alih status (hibah) merupakan hasil kerjasama antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat seperti Kementerian PU, Kementerian Keuangan, BPKP dan Sekretariat Negara.

“Hingga saat ini telah dihibahkan ke Pemda sejumlah 85 twin block dan dialihstatuskan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejumlah 22 twin block, termasuk 44 twin block yang diserahkan hari ini kepada 21 kota/kabupaten,” ungkap Imam

Imam melanjutkan, sejak tahun 2005, Kementerian PU melanjutkan pembangunan Rusunawa yang telah dirintis oleh Departemen KIMPRASWIL sejak tahun 2003 dengan istilah RUSUNAWA tidak pulih biaya. Hingga tahun 2013 ini telah dibangun 352,5 TB ditambah 1 menara Rempoa, atau 34.582 unit Sarusun (Satuan Rumah Susun). Pembangunan Rusunawa oleh Kementerian PU ini dengan menggunakan dana APBN sebesar Rp 2,8 triliun.

NO COMMENTS