Home Siaran Pers Kader PKK Tingkatkan Kreativitas Melalui Jambore

Kader PKK Tingkatkan Kreativitas Melalui Jambore

0
135

BATAM- Dalam rangka memperingati Hari Kartini dan Hari Kebangkitan Nasional, Kecamatan Sekupang mengadakan Jambore Kader PKK, Sabtu (5/6) di Gedung Beringin Sekupang. Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan berkesempatan menghadiri sekaligus membuka acara tersebut. Dalam sambutannya Dahlan mengatakan bahwa kader PKK sangat diperlukan untuk membangun masyarakat Batam. “Tapi jangan sampai melupakan fitrahnya sebagai seorang wanita, yaitu ibu dari seorang anak dan istri dari para suami,” jelas Dahlan. Peranan seorang ibu sangat besar dalam membentuk keluarga menuju keluarga yang sakinah, mawadah dan warohmah. Dahlan mengatakan pertambahan penduduk Kota Batam sangat cepat, data terakhir pertumbuhan saat ini jumlahnya lebih dari satu juta jiwa dan 55 persen diantaranya wanita. Dahlan menutup sambutannya dengan memberikan apresiasi kepada ibu-ibu kader PKK yang telah memberikan dedikasinya dan turut berpartisipasi dalam membangun Batam. “Hanya dengan kebersamaanlah kita bisa membangun Batam dengan baik,” tutup Dahlan.Camat Sekupang, Nurul Iswahyuni saat memberikan laporannya mengatakan tujuan dari jambore kader PKK tersebut adalah meningkatkan pengetahuan, semangat dan kreativitas  kader ibu-ibu PKK sehingga terbentuk forum kader tingkat Kecamatan Sekupang sehingga nantinya komunikasi akan terjalin antar kader. “Dengan jambore Kita tingkatkan peran serta kader dan silaturahmi untuk menuju lingkungan berperilaku hidup bersih dan sehat, sebagai tema yang diusung dalam acara tersebut,” jelas Nurul.

Jambore berlangsung selama dua hari, 5-6 Juni 2010, dengan kegiatan penyuluhan kesehatan, lomba kreativitas, pemilihan kader favorit, simulasi sistem lima meja, cerdas cermat posyandu, lomba membuat DMT bayi, pemilihan kontingen terbaik, dan pemutaran layar tancap dari BKKBN Provinsi Kepri. Sebanyak 300 peserta yang terbabung dalam 30 kelompok yang berasal dari tujuh kelurahan di Sekupang, yaitu, Tiban Indah, Sungai Harapan, Tanjung Pinggir, Patam Lestari, Tiban Baru, Tanjung Riau dan Tiban Lama.

“Tim juri yang bertugas menilai seluruh penampilan peserta merupakan perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Batam, Badan Pemberdayaan Perempuan Kota Batam dan Tim Penggerak PKK Kota Batam,” tambah Nurul.

Setelah acara pembukaan usai, Wako berkesempatan menyaksikan penampilan ibu-ibu dalam lomba yel-yel dan meninjau stand bazar yang ditampilkan masing-masing Kelurahan. Stand Bazar tersebut merupakan hasil karya ibu-ibu PKK yang merupakan hasil pengolahan limbah dari koran bekas, daur ulang plastik dan masih banyak lagi. Dahlan berharap hasil kerajinan ibu-ibu yang ditampilkan dalam stand bazar tersebut dapat dikemas dengan baik dan didistribusikan kepada konsumen sehingga dapat memberikan tambahan bagi ekonomi keluarga.

(crew_humas/nn)

NO COMMENTS