Home Safari Ramadhan 1440 H Kader PKK Se Kota Batam Ikut Pesantren Kilat

Kader PKK Se Kota Batam Ikut Pesantren Kilat

0
103

HUMAS PEMKO BATAM Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Batam menyelenggarakan Pesantren Kilat Ramadhan 1440 H. Kegiatan dalam rangka pembinaan Akhlak Mulia ini diikuti oleh 350 kader PKK Se Kota Batam. Ketua TP PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi, Wakil Ketua TP PKK Kota Batam,  Erlita Sari Amsakar, Ketua Pokja II, Hariyanti Jefridin turut hadir dalam acara pesantren kilat yang digelar di Ruangan Aula Engku Hamidah Lantai IV Pemko Batam, Jumat (24/05).

Mengawali kegiatan pesantren kilat seluruh kader melaksanakan Sholat Tasbih dan sholat Dhuha secara berjamaah. Kader PKK yang terlibat dalam kegiatan pesantren kilat ini mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan dan Ketua TP PKK Kelurahan dan kecamatan se- Kota Batam. Adapun tema pesantren kilat 1440 Hiijriah “Syariat dan Hikayat Puasa dalam Aktualisasi Kehidupan Sehari – hari”.

Dalam sambutannya, Marlin menyampaikan pesantren kilat menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan PKK Kota Batam setiap tahunnya selama bulan ramadhan. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah dan menggali ilmu agama serta bersilahturahmi dengan kader- kader PKK se-Kota Batam.

Harapannya, kepada seluruh kader yang hadir untuk terus bersinergi sehingga program- program PKK setiap tahunnya dapat dilaksanakan dengan baik. “Baik kader PKK di tingkat RT/RW, kelurahan, kecamatan maupun tingkat kota. Tentunya ini bukan untuk kepentingan pribadi semata tetapi merupakan kepentingan kita bersama,” sebut Marlin.

Katanya, saat ini PKK Kota Batam telah melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial maupun keagamaan. Seperti pelatihan memasak, sosialisasi bank sampah dan Pembinaan Akhlak Mulia di kecamatan-kecamatan yang rutin dilaksanakan setiap bulannya.

Melalui program PKK itu diharapkan dapat meningkatkan keterampilan masyarakat sehingga masyarakat khususnya ibu-ibu PKK memiliki kegiatan positif yang dapat dibagikan kepada masyarakat lainnya.

“Setiap tahunnya PKK Kota Batam melaksanakan banyak kegiatan-kegiatan, seperti memasak.  Untuk kegiatan pembinaan akhlak mulia sampai 3 kali dalam sebulan di tiap kecamatan. Ini menunjukkan bahwa PKK kita bersinergi dari bawah sampai tingkat atas,” papar Marlin.

Banyaknya kegiatan yang diselenggarakan menurutnya tidak menutup kemungkinan ada kesalahan dan perbuatan-perbuatan yang tidak menyenangkan. Melalui kegiatan ini diharapkannya dapat saling memaafkan sehingga tidak ada hal yang mengganjal dalam hati.

“Padatnya kegiatan PKK selama saya turun mungkin ada yang menyinggung atau menyita waktu ibu-ibu, saya mohon maaf. Semua itu karena saya ingin kita sama-sama berbuat untuk masyarakat,” ucapnya tulus.

Menutup sambutannya Marlin mengajak seluruh kader tanpa terkecuali untuk dapat menjaga lisan dan tulisannya baik langsung ataupun melalui media sosial. Terutama yang berkaitan dengan isu-isu hoax (berita bohong) agar tidak mudah untuk menyebarkannya. Beliau meminta untuk diam atau tidak berkomentar apabila tidak mengerti, beliau mengajak lebih baik melakukan kegiatan-kegiatan positif.

“Lebih baik kita melakukan kegiatan yang bersifat positif dan bermanfaat. Sehingga dapat berdampak positif untuk orang banyak,” ajak Marlin

Selanjutnya kegiatan ini diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustad Alimun.(HP)

NO COMMENTS