Home Siaran Pers Jadikan Al-qur’an Sebagai Pedoman Dalam Kehidupan Sehari-hari

Jadikan Al-qur’an Sebagai Pedoman Dalam Kehidupan Sehari-hari

0
128

*Wako Buka Pelaksanaan STQ di Kecamatan Bulang

BATAM- Setelah membuka pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) di Kecamatan Galang, Senin (15/2) Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan membuka pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) di Kecamatan Bulang. Kenapa di Bulang disebut dengan STQ, karena tidak semua bidang yang dilombakan dalam MTQ dapat dilaksanakan di Kecamatan Bulang. Ramzi selaku Ketua Pelaksana STQ Kecamatan Bulang mengatakan bahwa bidang yang dilombakan dalam STQ kali ini diantaranya Tartil Quran dengan jumlah peserta 12 orang, tilawah putra-putri  dewasa diikuti oleh dua anak, tilawah putra-putri remaja diikuti oleh 12 peserta dan tilawah anak diikuti oleh 11 anak.

Camat Bulang, Ruslan mengatakan, MTQ ini dilaksanakan dalam rangka menggali potensi qori dan qoriah yang ada di Kecamatan Bulang. Disamping itu, pelaksanaan STQ  ini juga menjadi ajang silahturahmi bagi masyarakat Bulang. Ia mengharapkan melalui STQ di Kecamatan Bulang ini dapat terpilih duta Al-qur’an terbaik untuk mendukung pelaksanaan MTQ tingkat Kota Batam. Kepada qori dan qori’ah yang berlomba, ia menghimbau agar terus bersemangat selama STQ berlangsung demikian juga kepada dewan hakim diharapkan dapat memberikan pembinaan kepada para peserta.

Pembukaan STQ yang dilaksanakan di masjid di Pulau Buluh mendapat pujian dari Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan. Ke depan jika memang tidak semua kecamatan bisa mengikuti MTQ maka namanya diseragamkan menjadi STQ diseluruh kecamatan. Katanya, ada dua kecamatan yang belum ikut MTQ tapi STQ  yakni Kecamatan Galang dan Bulang. Hal ini menjadi tantangan bagi dua kecamatan tersebut sehingga ke depan tidak STQ lagi melainkan MTQ. Menurutnya ini bukan hanya tanggungjawab pihak kelurahan melainkan juga tanggungjawab bersama.

“Upaya kita, bagaimana dengan jumlah penduduk yang sedikit tapi bisa mendapatkan hasil yang maksimum,” katanya.

MTQ/STQ merupakan hal yang sangat penting dan sebagai pimpinan daerah ia tidak pernah bosan menyampaikan ajakan agar masyarakat Batam membaca Al-quran. Bagaimana menjadikan Batam Al-quran sebagai pedoman dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. MTQ, menurutnya bukan hanya sekedar diperlombakan saja tapi bagaimana membaca dan memahami isi kandungan dan mengamalkannya. Pada acara pembukaan STQ di Kecamatan Bulang tersebut, rombongan dihibur dengan penampilan qasidah dan rabana dari masyarakat setempat. Pembukaan STQ itu ditandai dengan pembacaan ayat suci Al-quran.

Turut serta dalam rombongan Wako, Kepala Dinas Pendidikan, Muslim Bidin, Kepala Dinas PMK-UKM, Pebrialin, Asisten Administrasi Umum, Maaz Ismail, Kepala Kantor Pemuda dan Olahraga, Jefridin, Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri, Kabag Tata Pemerintahan, Heriman HK dan Kakansatpol PP, Zulhendri.

(crew_humas/dv)

NO COMMENTS