Home Siaran Pers HJB Dilaunching Bersamaan Dengan Dimulainya KSM

HJB Dilaunching Bersamaan Dengan Dimulainya KSM

0
253

HUMAS PROTOKOL BATAM- Event bersejarah Hari Jadi Batam (HJB) ke-188 akan dilaunching bersamaan dengan malam pembukaan Kenduri Seni Melayu (KSM) pada Jumat (17/11). KSM yang dipusatkan di Dataran Engku Putri ini akan berakhir pada Minggu (19/11). Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Pebrialin menuturkan launching HJB dan pembukaan KSM akan dilakukan oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Menurutnya ada lima Negara yang terlibat dalam event KSM yang diselenggarakan Pemko Batam pada tahun ini. Lima Negara tersebut Singapura, Vietnam, Thailand, Malaysia dan Brunai Darusalam. Dari Indonesia peserta yang sudah bersedia mengikuti agenda ini perwakilan dari Provinsi Kepri, Tanjung Pinang, Pekanbaru, DKI Jakarta, Bangka Barat dan peserta dari Batam.

“Setiap peserta akan menampilkan seni budayanya masing-masing. Dari tari-tarian, musik, dan kesenian lainnya yang menjadi kesenian khas Negara peserta,” ungkap Pebrialin.

Katanya, ada beberapa event yang disejalankan dengan kegiatan Kenduri Seni Melayu tersebut. Seperti Worder Food Batam, yang menampilkan masakan, minuman dan kudapan khas dari Kota Batam. Kegiatan ini melibatkan Ibu-ibu PKK tingkat kecamatan dan tingkat Kota Batam. Event Wonder Food ini akan dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi.

“Nanti yang akan ditampilkan masakan tradisional khas Batam. Roti kirai, nasi dagang, mie lender, mie sagu, nasi lemak dan minumannya seperti laksamana mengamuk,” terangnya.

Event lainnya dihari yang sama adalah Pesta Wira Usaha yang melibatkan usaha mikro di Kota Batam. Acara yang berlangsung selama tiga hari ini akan diikuti oleh 200 pelaku usaha mikro yang ada di Batam.

Selanjutnya event HJB ke-188 parade Marching Band pada 21 November di Dataran Engku Putri. Pada 18 November dilaksanakan Gotong Royong dan Normalisasi Drainase oleh ASN dan masyarakat. Gerak jalan santai di Dataran Engku Putri pada 25 November dengan peserta guru. Pada 1 Desember bertempat di Masjid Agung digelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Tidak ketinggalan Batam Great Sale yang akan berlangsung dari 1 sampai dengan 31 Desember di seluruh Mall di Kota Batam.

Dilanjutkan pada 15 Desember kegiatan Ziarah Makam Zuriat bertempat di Makam Nong Isa bersama dengan masyarakat batam. Badan Pengusahaan (BP) Batam pun ambil bagian dalam memperingati HJB dengan menggelar kegiatan Barelang Marathon Internasional yang dilaksanakan pada 10 Desember yang akan dilaksanakan di Barelang, Batam South East Asia Fashion Cultur Carnival pada 17 Desember di Dataran Engku Putri dan Promosi Wisata di Kota Batam pada 16 Desember yang akan dilaksanakan di Mall di Kota Batam.

Puncak HJB akan dilaksanakan dengan menggelar Upacara Hari Jadi Batam pada 18 Desember di Dataran Engku Putri. Dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Dewan di Gedung DPRD Batam dan pada malam harinya Malam Anugerah Batam Madani.(HP)
 

NO COMMENTS