Home Siaran Pers Guru Sebagai Penggerak Perubahan Di Era Revolusi Industri

Guru Sebagai Penggerak Perubahan Di Era Revolusi Industri

0
245

HUMAS PEMKO BATAM – Walikota Batam, Muhammad Rudi menjadi inspektur upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2018 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 PGRI, Senin (26/11) di Dataran Engku Putri. Turut hadir Wakil Walikota Batam, Amsakar AChmad, Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin serta anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Batam. Upacara diikuti oleh guru se Kota Batam, siswa dan ASN di lingkungan Pemko Batam. Adapun tema HUT ke-73 PGRI “Guru sebagai Penggerak Perubahan Dalam Era Revolusi Industri 4.0”. Dalam kesempatan itu, Rudi membacakan sambutan Ketua Umum PGRI, Unifah Rosyidi.

Disampaikan pada era revolusi industri 4.0, sistem pendidikan nasional dihadapkan pada tantangan yang amat kompleks tetapi menarik. PGRI sebagai organisasi profesi juga ditantang agar mampu menggerakan guru, pendidik, dan tenaga kependidikan memberikan andil tidak hanya dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah, tetapi lebih dari itu harus merasa terpanggil untuk ikut melahirkan pemikiran transformatif dalam pengembangan kebijakan pemerintah, pengelolaan program pembangunan di pusat dan di daerah, serta dalam melahirkan berbagai gagasan dan tindakan inovatif sesuai dengan tantangan Abad ke 21.

“Merespon tantangan di era industri 4.0 ini, PGRI menginisiasi lahirnya PGRI Smart Learning and Character Center yang merupakan pusat pengembangan dan peningkatan kompetensi pofesional dan pengembangan karakter guru sesuai kebutuhan zamannya. Ini sekaligus sebagai penanda datangnya era baru, guru-guru muda milenial yang menjadi anggota baru PGRI. PGRI terus berjuang untuk menjadikan profesi guru bermartabat, berdaulat, profesional, sejahtera, dan terlindungi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai soliditas, solidaritas, independensi, integritas, dan profesionalitas,” papar Rudi.

Pengurus PGRI di semua tingkatan diharap dapat mengawal perjuangan dan aspirasi para guru, pendidik, dan tenaga kependidikan dalam mewujudkan profesionalisme, kesejahteraan, dan perlindungan dengan mengedepankan dialog, berbasis data, santun, dan bermartabat tanpa membedakan status guru apapun termasuk guru PAUD. Jadikan PGRI sebagai rumah besar guru, pendidik, dan tenaga kependidikan dalam memperjuangkan aspirasi, tempat saling bertumbuh dan berbagi, tempat silaturahmi membangun dan menyebarkan kebaikan bagi negeri.

Guru harus memiliki inovasi pembelajaran daring yang dirancang terbuka, saling berbagi, terhubung atau berjejaring satu sama lain. Prinsip ini menandai dimulainya demokratisasi pengetahuan yang menciptakan peluang bagi setiap orang untuk memanfaatkan teknologi secara produktif. Inilah yang menandai revolusi industri 4.0 khususnya di bidang pendidikan.

Ruang kelas mengalami evolusi kearah pola pembelajaran digital yang menciptakan pembelajaran lebih kreatif, partisipatif, beragam, dan menyeluruh. Guru memiliki peran penting dalam kontekstualisasi informasi serta bimbingan terhadap peserta didik dalam praktis diskusi daring.

“Peran guru berubah dari semula menjadi pemberi pengetahuan menjadi mentor, fasilitator, motivator, inspirator, pengembang imajinasi, kreativitas, nilai-nilai karakter, serta team work, dan empati sosial karena nilai-nilai itulah yang tidak dapat diajarkan oleh mesin,” sebutnya.

Semoga dengan semua usaha ini mendorong guru dan tenaga kependidikan bersemangat bekerja lebih efektif, disiplin, tidak mudah mengeluh, menjaga kode etik guru, merawat persatuan dan kesatauan, menjauhkan dari sikap intoleran, membangun komunikasi efektif dengan orang tua, dan terus menjadi pembelajar demi kepentingan terbaik bagi peserta didik dan bangsa Indonesia.

PGRI bertekad menjadikan guru sebagai agen perubahan sejalan dengan tema HUT ke 73 PGRI dan HGN Tahun 2018 yakni “Guru sebagai Penggerak Perubahan di era Revolusi Industri. Sempena HUT PGRI ke 73 dan HGN ke 24 Tahun 2018, PGRI Kota Batam menggelar kegiatan lomba olahraga dan seni. Sebagai juara umum atas seluruh event yang telah diikuti yakni Kecamatan Batam Kota. Diantaranya lomba yang digelar volley ball, takraw, futsal, senam PGRI, langgam putri, puisi, tari kreasi dan pop ye ye.(HP)

NO COMMENTS