Home Siaran Pers Gubkepri dan Wako Batam Hadiri Pelantikan HNSI dan Gemerlang di Setokok

Gubkepri dan Wako Batam Hadiri Pelantikan HNSI dan Gemerlang di Setokok

3
413

BATAM – Ibarat perhelatan panen raya yang digelar diperkampungan Nelayan, suasana acara pelantikan HNSI Provinsi Kepri dan Kota Batam serta Gemerlang dihadiri hingar bingar para Nelayan se Kota Batam dan pulau-pulau lain di Provinsi Kepri untuk menyaksikan langsung pelantikan para pengurus HNSI yang akan memperjuangkan aspirasi dan kepentingan para Nelayan nantinya diantara perkembangan pembangunan di Batam.Dalam acara pelantikan pengurus HNSI Provinsi Kepri dan Kota Batam tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Mayjen Marinir (Purn) H Yusuf Solichin Martadiningrat juga hadir secara khusus untuk melihat menegaskan, HNSI merupakan organisasi independen non partisan. Meski begitu, dalam ajang Pemilu 2009 yang bertepatan 9 April mendatang, anggota HNSI dan masyarakat nelayan agar memilih calon legislatif (caleg) yang peduli terhadap kesejahteraan nelayan, serta memiliki visi kelautan dan kemaritiman sehingga aspirasi dan kepentingan kaum Nelayan yang termarginalkan dapat dicarikan solusi, harapnya disaat menyampaikan sambutan.

”Negara kita yang dikenal sebagai negeri dengan hamparan lautan yang dominan hampir mencapai 70 persen dibanding daratan, merupakan potensi yang sangat besar untuk dikelola secara baik dan professional dengan meletakkan para Nelayan pada garda terdepan dalam pemanfaatan hasil-hasil laut mulai dari hulu sampai ke hilir sehingga upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan dapat tercapai secara simultan,” ujar Yusuf Solichin, dalam pelatikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) HNSI Provinsi Kepri dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HNSI Kota Batam, di Pulau Setokok, Minggu (15/3) yang juga dihadiri Gubernur Kepri, Ismeth Abdullah, Walikota Batam, Ahmad Dahlan serta pejabat dan undangan lainnya.

Ketua DPD HNSI Kepri terpilih, Timat Rahmat menegaskan, tak ada cerita lagi bahwa pemimpin yang dipilih harus memiliki komitmen memajukan nelayan. Sedangkan Ketua DPC HNSI Batam yang juga dilantik secara bersamaan, Awang Herman, mengimbau masyarakat nelayan untuk memilih para legislator yang memahami dan peduli dengan Nelayan, ujarnya.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan yang juga didaulat melantik organisasi Gemerlang atau yang disingkat dengan Gerakan Masyarakat Rempang dan Galang, menyampaikan selamat kepada para pengurus yang baru dilantik, dan berpesan supaya amanah yang diberikan hendaknya dijawab dengan kinerja yang cemerlang serta mampu berkolaborasi dengan berbagai institusi terkait bahkan berimprovisasi untuk menunjang kesejahteraan masyarakyat Nelayan, katanya diawal sambutannya.

Masih menurut Dahlan, prioritas pembangunan dalam pengembangan wilayah hinterland masih tetap menjadi komitmen Pemko Batam melalui SKPD yang terkait langsung dengan pembangunan dan aksesilibiltas dari dan ke wilayah hinterland, ungkapnya lagi.

Sementara Gubernur Kepri, Ismeth Abdullah, menyampaikan potensi kelautan yang kita miliki terkadang diambil begitu saja oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga kita juga yang dirugikan. Untuk itu, Pemprov Kepri bekerjasama dengan Guskamla Armabar dalam hal pengamanan sektor kelautan dari pihak asing. “Hasilnya sampai saat ini ada beberapa kapal penangkap ikan yang sudah disita oleh Negara yang selanjutnya akan diupayakan dapat dimanfaatkan oleh para nelayan dalam melakukan aktivitasnya menangkap ikan, katanya disambut tepuk tangan para hadirin.

Nelayan di Kepri saat ini masih jarang menggunakan kapal penangkap ikan dengan kapasitas  50 Gross Tonase (GT) ke atas, sehingga bisa menangkap ikan di laut lepas dan secara perlahan kesejahteraan masyarakat Nelayan juga dapat terwujud secara simultan.

Acara pelantikan tersebut dihadiri ribuan Nelayan yang dihibur oleh artis Ibukota seperti Iyeth Bustami, Dona Amelia serta artis lainnya yang khusus diundang untuk menghibur warga pesisir tersebut sampai sore harinya.

(*ttn)

3 COMMENTS

  1. ratno
    luar biasa pelantikan DPD HNSI Prov. Kepri.. kami juga dri DPC HNSI Kab. Bangka akan menggelar Pelantikan Pada tanggal 12 Februari 2011 mendatang, semoga HNSI yang ada di seantro Nusantara Berkomitemen Membangun Nelayan menuju nelayan yang bermartabat.
  2. hery
    wah hebat, kami di Kab. Lombok Barat Prop NTB, belum bisa begitu karena Kadis Lutkannya belum cocok dengan ketua kami. mudah-mudahan ke depan bisa lebih harmonis sehingga daya juang memajukan kehidupan nelayan bisa sinergis dan berdaya ubah tinggi. wasalam DPC HNSI Lombok Barat Sekretaris Putu Hery