Home Siaran Pers Gaungkan Visit Batam 2010 Sejak Dini Untuk Gairahkan Dunia Wisata

Gaungkan Visit Batam 2010 Sejak Dini Untuk Gairahkan Dunia Wisata

7
205

BATAM – Upaya pengembangan kepariwisataan di Kota Batam yang sudah diawali dengan pemahaman akan potensi yang dimiliki Batam dengan posisi yang sangat strategis dan bersebelahan dengan Singapura oleh berbagai stakeholders kepariwisataan menjadi kata kunci dalam kesuksesan program prospektif tersebut.

Kota Batam yang unik, spesifik dan prospektif tersebut sungguh menjadi sebuah potensi wisata baru dengan kemasan yang rapih dan menjanjikan bagi para wisatawan yang akan mengunjungi pulau berbentuk kalajengking ini.

Pemko Batam beserta seluruh komponen masyarakat Batam telah meluncurkan program tahun kunjungan Batam tersebut sejak awal sehingga semua stakeholders pendukung mempunyai waktu dan peluang yang cukup untuk menyusun program. Banyak kegiatan yang sudah dilakukan untuk mensukseskan program tersebut. Salah satunya adalah promosi ke daerah lain di berbagai daerah di Indonesia untuk menarik wisatawan lokal. Sementara untuk wisatawan asing, tim juga sudah menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholders wisata luar negeri dalam mempromosikan potensi serta even yang akan digelar di Batam sehingga menarik minat untuk berkunjung. Pemerintah telah menyebarkan berbagai promosi Visit Batam 2010 dengan menyebarkan informasi baik melalui media elektronik maupun cetak seperti menyebarkan brosur-brosur bahkan sampai membuat billboard di daerah-daerah kunjungan utama wisatawan seperti Jakarta dan Bali dan Singapura.

Tugas tim Visit Batam 2010 melakukan koordinasi dan membangun mitra kerjasama dengan pemerintah pusat supaya di tahun 2010 pelaksanaan Visit Batam sukses. Event Visit Batam  2010 dapat dimanfaatkan sebagai promosi Batam dalam bidang seni budaya maupun sebagai daerah tujuan wisata MICE. Bulan Mei ini juga telah dijadwalkan di Ocarina sebagai salah satu lokasi wisata di Batam menggekar International Beach Volleyball dengan menghadirkan peserta dari 8 negara. Event ini diproyeksikan sebagai event tetap di Batam, sehingga Batam lebih dikenal di manca negara.

Selain itu berbagai event yang bersifat wisata kuliner dengan Festival Makanan Nusantara yang digelar antara 26 – 28 Juni 2009  di Golden View Hotel, yang akan menampilkan masakan tradisional khas Indonesia sekaligus peragaan cara memasak serta diselingi dengan penampilan kebudayaan tradisional Indonesia. Acara ini diprioritaskan untuk wisatawan asing dari Singapura dan Malaysia maupun Thailand. Serta wisata olahraga air dengan Sea Eagle Boat Race pada tanggal 18 & 19 Juli 2009 merupakan salah satu event international tahunan yang sangat ramai ditonton, serta membawa nama Batam sebagai salah satu tim terkuat dicabang dayung.

“Meningkatkan citra pariwisata Batam yang aman, nyaman dan menarik dikunjungi merupakan hal terpenting untuk mendatangkan wisatawan,” jelas Ahmad Dahlan, Walikota Batam, saat evaluasi kerja tim Visit Batam diawal bulan Mei yang lalu. Salah satunya menurut Kepala Badan Penanaman Modal, Drs Pirma Marpaung, saat memberikan sambutan pada acara Ceremonial one day tour atau welcome dinner kepada para wisatawan bahwa tahun kunjungan ke Batam di tahun 2010 menjadi sebuah kerja bersama antara Pemko batam dengan seluruh stakeholders dalam kapasitasnya masing-masing yang suatu saat berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan investasi di Batam, katanya.

Berbagai upaya telah dirancang dan diaktualisasikan dalam mempromosikan potensi Batam sebagai daerah tujuan wisata. Dalam bidang It juga, Pemko telah menggagas lomba blogger Batam yang mengangkat berbagai potensi Batam dalam dunia maya. Tujuan kegiatan ini sudah pasti untuk mempromosikan Batam melalui dunia maya. Banyak situs-situs yang dibuat oleh komunitas blogger yang memuat potensi dan aksesibilitas Batam sehingga upaya dalam mempromosikan Batam sebagai tempat wisata yang menyenangkan untuk dikunjungi akan sangat terbantu dengan lomba tersebut.

Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Drs Yusfa Hendri, M.Si, menambahkan pihak swasta juga sudah mulai membangun ikon-ikon Visit Batam 2010 guna mempertegas tahun kunjungan wisata tersebut merupakan milik semua warga Batam dan kesiapan Pemerintah Kota Batam menyambut tahun kunjungan pada 2010 mendatang akan sangat terbantu. Beberapa ikon dimaksud seperti gapura atau patung Visit Batam 2010 yang sekarang berdiri di putaran persimpangan depan Hotel Planet Holiday Jodoh, dan beberapa ikon lain yang tersebar di sejumlah lokasi di Batam.”Jika semua pihak mendukung program ini, kita semua yakin Visit Batam 2010 akan sukses, ujar Yusfa menutup keterangannya.

(*ttn&nn)

7 COMMENTS

  1. Pesepeda Batam
    Saat ini sudah memasuki minggu pertama tahun 2010 Tapi "suara" nya Visit Batam 2010 yang konon sudah digaungkan sejak dini kok sama sekali tidak terdengar. Sudah dicoba masuk ke website resmi program Visit Batam 2010, cek di link "Calendar of Events" info yang tampil justru kegiatan tahun 2009, sedangkan untuk kegiatan sepanjang tahun 2010 tidak berhasil ditemukan, bahkan untuk jadwal kegiatan bulan Januari 2010 saja nggak ada. Selain itu iklan soal Visit Batam 2010 khususnya di Media Massa Nasional (bukan lokal lho) sangat jarang atau bahkan (nyaris) tidak bisa ditemukan. Untuk sebuah program yang dicanangkan sejak dua tahun lalu, seharusnya begitu memasuki tahun 2010, (sebagaimana angka yang tercantum dalam judul kegiatan) semuanya sudah harus berjalan. Kalender kegiatan sepanjang 2010 seharusnya sudah direncanakan dan diinfokan/dipasarkan sejak sebelum memasuki 2010. Program pemasaran kegiatan berupa iklan di media cetak dan elektronik tingkat nasional seharusnya sudah tayang sejak semester 2 tahun 2009. Melihat kondisi sampai hari ini Visit Batam 2010 masih adem adem saja, timbul ke khawatiran kalau akhirnya program Visit Batam 2010 hanya berhenti sampai sebatas jargon saja, dan hanya numpang menempelkan logo Visit Batam 2010 dibeberapa kegiatan sporadis yang akan dilaksanakan tahun 2010. Ayo mumpung masih ada waktu, segera tingkatkan kinerja Tim Visit Batam 2010, lakukan pemasaran yang lebih gencar, infokan seluruh rencana kegiatan Visit Batam 2010. DITUNGGU!!!!
  2. abiehakim
    Visit Batam 2010 tetap harus dilanjutkan, tapi juga harus teus diperbaiki sarana dan prasarana penunjangnya. Seban kalau hanya gaungnya saja tanpa ada perbaikan sama saja dengan tong kosong bunyi nyaringnya. Maju terus Batam-ku
  3. sary
    apa si arti dari kunjuang batam visit 2010??? bisa gak visit batam 2010 ini dapat mengurangi jumlah pengangguran dibatam??
  4. dewa
    Saya ragu dan merasa tidak yakin dengan keberhasilan dari Visit Batam 2010, karena saya melihat berbagai macam pembangunan di batam masih banyak yang terbengkalai. Saya salut dan sangat menghargai instansi - instansi yang berkaitan telah berusaha menciptakan VISIT BATAM 2010, tetapi apakah dalam keadaan pembangunan sekarang ini dapat berhasil...??? mana lagi disaat ini kita warga batam sudah menginjak pertengahan tahun 2009. Untuk apa Iklan Orang lain Kita pajang kalau Iklan Kita hanya untuk jadi pajangan semata yang tidak ada harga jualnya. Saya sangat bangga menjadi warga BATAM, akan tetapi saya masih kurang bangga dengan kinerja kerja dari Pemerintah KOTA BATAM ini sendiri...
  5. Anto
    Saya melihat dari kacamata masyarakat, bukan memihak ke manapun. Menjelang 2010, saat ini pertengahan 2009. Yang saya lihat: 1. Infrastruktur kacau, jalan berlubang sudah makan korban jiwa 2. Hujan pasti banjir 2. Hanya lampu jalan yg diperbagus 3. Iklan yang tidak bermutu background putih dengan logo visit batam 2010, tidak menjual sedikit pun 4. Melihat Iklan Visit Singapore terpampang besar di Batam, tapi tidak melihat Iklan Visit Batam di Singapur maupun kota lain