Home Siaran Pers Disnaker Siapkan 32 Jenis Pelatihan Kerja

Disnaker Siapkan 32 Jenis Pelatihan Kerja

0
258

HUMAS PEMKO BATAM – Pemerinatah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) mengadakan pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja guna meningkatkan keterampilan para pencari kerja. Terdapat 32 jenis kegiatan pelatihan yang diperuntukkan bagi 912 orang.

Kabag Humas Setdako Batam, Yudi Admajianto menyebut kegiatan ini bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para pencari kerja di Kota Batam. Katanya, pelatihan ini khusus untuk mereka yang belum pernah mengikuti pelatihan dari Disnaker. Serta tidak sedang bekerja atau belum pernah bekerja

“Sehingga nantinya kualitas pekerja di Kota Batam dapat terus meningkat dan dapat mengikuti perkembangan ilmu dibidang kerjanya masing-masing. Dan hasil akhir yang di harapkan berdampak terhadap produktifitas di Kota Batam,” ucap Yudi.

Pendaftaran dan Seleksi calon peserta dimulai pada tanggal 12 s/d 13 Januari 2019 pukul 09.00 s/d 14.00 WIB di SMP Negeri 3 Sei Harapan, Sekupang, Batam. Pengumuman hasil seleksi dan pendaftaran ulang pada tanggal 17 s/d 18 Januari 2019 bertempat di Kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Jl. Kartini 1 No. 29-30 Sekupang, Batam.

Adapun persyaratan peserta yang bisa mengikuti pendidikan dan pelatihan ini adalah mereka yang belum pernah mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Disnaker Kota Batam. Berkas yang harus dilengkapi antara lain, Foto Copy KTP Kota Batam 1 lembar, Foto Copy AK1 1 lembar, Foto Copy Ijazah terakhir 1 lembar, Pas Photo berwarna berlatar belakang merah 3×4 2 lembar, dan mengisi formulir yang dapat diambil pada saat pendaftaran atau diunduh di website Disnaker Kota Batam.

Persyaratan lainnya yaitu berusia 18-45 tahun. Pendidikan minimal SLTA, keculi untuk beberapa pelatihan. Seperti pelatihan tata rias kecantikan rambut, salon kecantikan, motor roda dua, menjahit garmen, welder dasar, dan hidroponik bisa untuk warga dengan pendidikan minimal SLTP. Sementara untuk pelatihan Human Resources Department (HRD) minimal pendidikan D3. Khusus untuk pelatihan security, ada syarat minimal tinggi badan. Bagi laki-laki minimal 165 cm dan perempuan 159 cm. Dan harus melengkapi surat keterangan sehat dari dokter.

Diantaranya pelatihan yang dapat diikuti, pelatihan Scaffolding, pelatihan Rigger, pelatihan AutoCad Muda, pelatihan AutoCad Madya, pelatihan Dasar K3 Muda, pelatihan Pipe Fitter, pelatihan Welder Dasar, pelatihan Teknik Pendingin, pelatihan Operator Mobile Crane kapasitas s/d 25 Ton Kelas III dan Pelatihan Keselamatan Kerja K3 Madya

“Jumlah peserta pendidikan dan pelatihan ini di masing-masing bidang berkisar 18 hingga 50 orang, berbeda tiap bidangnya,” tutupnya.(HP)

NO COMMENTS