Home Siaran Pers Dekranasda Promosi Batik Batam di Bintan

Dekranasda Promosi Batik Batam di Bintan

0
150

HUMAS PEMKO BATAM – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam kembali mengadakan Road Show Batam Batik Fashion Week (BBFW) 2019 di Kabupaten Bintan. Event ini dibuka langsung oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi di Plaza Lagoi Bay, Bintan, Sabtu (13/07) malam.

Rudi berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan atas diberikan kesempatan kepada Dekranasda Kota Batam untuk berpromosi di kawasan wisata Lagoi, Bintan. Ia juga mendukung pengembangan produk-produk lokal yang mengangkat kearifan dan kebudayaan lokal itu sendiri.

“Kegiatan ini menjadi promosi untuk memperkenalkan produk Dekranasda Kota Batam yang tidak kalah saing dengan batik-batik produksi dari pulau jawa. Baik kualitas maupun harga,” ujar Rudi

Dalam kesempatan itu Rudi juga mengundang masyarakat Bintan untuk hadir dalam acara peresmian Masjid Terbesar di Kepri, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Rencananya masjid ini akan diresmikan pada 20 September 2019. Pada peresmian ini Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan mengundang 3 ulama kondang, ustadz Abdul Somad, Habib Syech Abdul Qodir Asegaf dan ustadz Kasim Ilyas.

“Kota Batam saat ini sedang membangun wisata religi dengan membangun Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Selaku Wali Kota Batam, saya mengundang masyarakat Bintan untuk dapat hadir dalam acara peresmian masjid ini,” undang Rudi.

Ketua Dekranasda Kota Batam, Marlin Agustina Rudi melaporkan bahwa Road Show ini merupakan Road Show ketiga di Kabupaten/kota di Kepri. Sebelumnya telah dilaksanakan di Kabupaten Tanjung Balai Karimun dan Kota Tanjung Pinang.

Katanya, Dekranasda merupakan mitra pemerintah dalam meningkatkan pariwisata di Kota Batam. Ia berharap kegiatan ini dapat memotivasi daerah lainnya untuk meningkatkan kearifan lokal.

“Pak Wali mendukung penuh seluruh kegiatan Dekranasda Kota Batam. Hingga saat ini Batik Batam telah memiliki 20 pengrajin batik dan 1 orang asesor yang siap membantu untuk mengajarkan secara gratis,” ujar Marlin

Wakil Bupati Bintan, Dalmasri syam, selaku tuan  rumah berterima kasih atas dipilihnya Kabupaten Bintan sebagai salah satu lokasi pelaksanaan BBFW 2019 dari 3 Kabupaten/Kota se- Kepulauan Riau.

“Kegiatan ini sangat luar biasa dan saya kira ini baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia. Kegiatan ini patut dicontoh dapat memicu semangat kami untuk lebih memajukan Dekranasda Kabupaten Bintan. Terima kasih Ibu Dekranasda Kota Batam” ujar Dalmasri

BBFW Bintan 2019 ini menampilkan fashion show hasil karya pembatik dan desainer yaitu Mahendra Kurniawan, Alnel Batik Art kolaborasi dengan Waode Nilasari, Waode Collection, Yayuk Unarti, Puan Lawa berkolaborasi dengan Reno Agustriono, Lawa, Indra Sugiono, Indra Batik Batam berkolaborasi dengan Luhung Esa Pertiwi, Luhung de La Mode dan Mahendra Kurniawan Alnel Batam Art berkolaborasi dengan Natasya Rofalina, NR Atelier.

Selain itu Dekranasda Kota Batam membuka stand Industri Kecil Menengah (IKM) Batik, Makanan, Kerang – kerangan, Rajut dan craft.(HP)