Home Siaran Pers Deklarasi Pemilu Damai dihadapan KPU dan Muspida Batam

Deklarasi Pemilu Damai dihadapan KPU dan Muspida Batam

1
178

BATAM : Bertepatan dengan dimulainya salah satu tahapan pelaksanaan Pemilu yaitu kampanye terbuka secara Nasional sejak hari ini Senin (16/3), Komisi Pemilihan Umum mengajak seluruh masyarakat Batam terutama para peserta Pemilu untuk menyatukan sikap dan tekad mewujudkan Pemilu yang Damai di Kota Batam.Hendriyanto, S.Ag, menyatakan bahwa didalam peraturan KPU penandaan dianggap sah tidak hanya dicentang. Bisa dicentang, centang tidak sempurna, garis datar ataupun tercoblos, kesemuanya sah dan inilah yang menjadi acuan KPU Batam dalam melakukan pengecekan terhadap kertas surat suara, ungkapnya lagi.

Pada kesempatan deklarasi ini, jauh-jauh hari kepada 866 calon legislatif (Caleg) yang saat ini berkompetisi untuk siap kalah dan siap menang. Dengan ikrar tersebut tentu sangat membantu nantinya untuk mewujudkan proses Pemilu yang lancar, aman dan damai sehingga setiap Caleg siap menerima kekalahan dan siap memikul tanggungjawab jika menang, tegasnya lagi.

Masih menurut Hendriyanto, jumlah surat suara yang dicetak dan diserahkan ke KPU Batam hanya sejumlah DPT + 2% yaitu sebanyak 608.387 pemilih ditambah 2 persen, ini akan bermasalah jika ada pemindahan saksi di dapil yg berbeda karena itu KPU menghimbau kepada semua Partai Politik peserta Pemilu untuk menunjuk saksi sesuai dengan daerah pemilihannya masing-masing.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan, dalam sambutannya mengharapkan seluruh pimpinan partai politik untuk dapat mengajak seluruh kader partai dan simpatisan untuk dapat dengan tanggung jawab bersama mewujudkan situasi yang kondusif selama kampanye serta seluruh tahapan-tahapan Pemilu legislatif terlaksana, ungkapnya dihadapan seluruh perwakilan partai peserta Pemilu yang akan mengucapkan ikrar tersebut.

Setelah pembacaan deklarasi bersama untuk Pemilu Damai tersebut yang dipimpin oleh Zainal Abidin, SE (Ketua Partai Golkar Kota Batam), satu persatu ketua parpol menanda tangani deklarasi pemilu damai tersebut. Di Batam sendiri terdapat 38 parpol peserta pemilu. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama Walikota, Muspida, KPU dan pimpinan parpol peserta pemilu.
(yf)

1 COMMENT