Home Siaran Pers Calon DUBES, KONJEN Dan Konsulat RI Gali Informasi Potensi Kota Batam

Calon DUBES, KONJEN Dan Konsulat RI Gali Informasi Potensi Kota Batam

0
290

BATAM –  Sepuluh orang calon Duta Besar (Dubes), Konsul Jenderal (Konjen) dan Konsul perwakilan RI di luar negeri melakukan orientasi kunjungan kerja (Kunker). Dari sepuluh orang tersebut, dua merupakan calon Dubes RI untuk Republik Rumania merangkap Dubes Republik Moldova dan calon Dubes RI untuk Republik Filipina, merangkap Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau. Delapan orangnya merupakan Konjen dan Konsul. Rombongan diterima langsung oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan beserta pejabat di lingkungan Pemko Batam, Kamis (19/11).
Kepala rombongan, Yohanes Kristiarto Soeryo Legowo mengatakan Kunker ini merupakan orientasi sebagai orang yang ditunjuk mewakili Indonesia di Negara sahabat. Untuk itu, masing-masing calon Dubes, Konjen dan Konsul dituntut secara nyata untuk memberi kontribusi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Batam, ujarnya, dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang mencapai 7 persen tentu memberi kontribusi yang besar terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Batam merupakan tujuan pertama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui Kunker orientasi ini kami mengharapkan informasi yang selengkap-lengkapnya untuk menjadi pegangan di tempat kami ditugaskan nanti,” ujar Yohanes.

Tugas yang diemban oleh Kepala Perwakilan RI di luar Negeri ini bertujuan untuk memajukan perdagangan, mendorong pertumbuhan investasi dan melindungi kepentingan WNI yang berada di luar negeri. Dalam kesempatan tersebut, masing-masing calon Dubes, Konjen dan Konsul berdiskusi dengan Walikota Batam. Mereka mempertanyakan potensi yang dimiliki Kota Batam untuk dipromosikan di tempat mereka bertugas nantinya. Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan yang menerima rombongan ini berharap agar para calon Dubes, Konjen dan Konsul nantinya dapat mempromosikan Batam. Selain memberikan informasi tentang Batam, Dahlan juga menginginkan adanya masukan dari para calon kepala perwakilan RI ini nantinya.

Sebelum memberikan informasi lebih banyak kepada calon kepala perwakilan RI tersebut, terlebih dahulu dilakukan pemutaran mengenai profil Batam. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan singkat mengenai Batam yang disampaikan langsung oleh Dahlan. Saat ini, ujarnya, Batam tengan menjajaki kerjasama dengan Johor Bahru dan diperkirakan MoU akan ditandatangani pada Bulan Desember mendatang. Saat ini untuk memperlancar pengurusan perizinan di Batam, telah dibuka pelayanan satu atap di gedung Sumatera Promotion Centre (SPC). Dengan demikian pengurusan baik yang dikeluarkan pusat, Otorita Batam (OB) dan Pemko dapat diselesaikan di SPC.

“Kita akan menuju pelayanan satu pintu dalam rangka Fre Trade Zone (FTZ),” ujarnya.

Mengenai potensi yang dimiliki Batam, Dahlan menjelaskan bahwa Batam ditetapkan sebagai daerah jasa kepelabuhan, pariwisata, industri dan perdagangan. Untuk kegiatan shipyard, Dahlan menyebut bahwa sudah tidak ada lahan lagi di Batam. Sementara sampai saat ini lahan di Rempang Galang masih dalam status quo. Kini, Batam konsentrasi untuk mengembangkan potensi pariwisata di Batam dengan program Visit Batam 2010.

Memang diakuinya pariwisata di Batam belum terintergrasi seperti di Bali. Namun Pemko terus melakukan promosi potensi pariwisata di Kota Batam baik ke dalam maupun luar negeri. Kemarin, selain melakukan kunjungan ke Pemko Batam, rombongan kepala perwakilan RI juga berkunjung ke Otorita Batam/BP Batam.

Dalam rombongan kepala perwakilan RI ini diantaranya, Marianna Sutadi merupakan Calon Dubes RI untuk Rumania merangkap Republik Moldova. Soepeno Sahid, Calon Konjen RI di Kota Kinibalu Malaysia dan Endang Dwi Syarief Syamsuri calon konsul RIdi Perth, Australia. Dari Pemko Batam yang mendampingi Walikota, Asisten Ekbang, Syamsul Bahrum, Pebrialin, Kadis PMKP UKM, Kepala BPM, Pirma Marpaung dan Kabag Huma Pemko Batam, Yusfa Hendri.

(crew_humas/dv)

NO COMMENTS