Home Foto BPKLN Berikan Beasiswa Unggulan Kepada Mahasiswa UIB

BPKLN Berikan Beasiswa Unggulan Kepada Mahasiswa UIB

0
225

BATAM- Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri (BPKLN) memberikan beasiswa unggulan kepada mahasiswa Universitas Internasional Batam (UIB). Adapun dua mahasiswa yang akan mengikuti program pertukaran antara mahasiswa UIB dan mahasiswa asing yakni Raykall Permanah dan Agustriyani dari jurusan akuntansi yang akan mendapatkan pendidikan di Burapha University di Thailand. Sisanya, empat orang mahasiswa lainnya akan diberangkatkan ke King Mongkut University dan Raja Manggala University pada Juni mendatang. Selain international Student Exchange, pada Kamis (6/1) itu juga dilakukan penyerahan beasiswa unggulan kepada 40 mahasiswa UIB.

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang lulus penyeleksian oleh Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri. Penyerahan beasiswa unggulan 2010 dan pelepasan internasional student exchange ini dihadiri oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan, Muslim Bidin, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Yatim Mustofa, Kepala Biro Perencanaan BPKLN, Abe Susanto, Ketua Yayasan UIB, Suhendro Gautama serta Anggota DPRD Kota Batam, Asmin Patros. Heppy Aprianto, Wakil Pembantu Rektor UIB mengatakan bahwa UIB memiliki program internasional.

“Tujuan program ini untuk meningkatkan kualitas SDM Batam melalui program pertukaran mahasiswa. Program pertukaran mahasiswa ini sudah dimulai sejak tahun 2010 dan berada di bawah Pembantu Rektor 3. Bukan cuma namanya saja universitas internasional tapi program studynya juga ada yang internasional. Kami juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada BPKLN yang telah membantu mahasiswa kami untuk sekolah di luar negeri,” ujar Heppy disela pemaparannya.

Abe Susanto, selaku Kepala Biro Perencanaan BPKLN mengatakan, bahwa ada persyaratan tertentu bagi mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa unggulan ini. Dalam sambutannya ia menekankan bahwa tidak semua perguruan tinggi bisa memperoleh kesempatan untuk mendapatkan beasiswa unggulan ini. Katanya, setiap tahun hampir sepuluh ribu mahasiswa yang ingin mendapat beasiswa unggulan ini, sementara BPKLN hanya memberikan seribu beasiswa. Untuk memperoleh beasiswa ini menurutnya bisa dengan mendaftar per orangan maupun melalui perguruan tingginya.

“Beasiswa ini mulai dari jenjang pendidikan S1, S2 sampai dengan S3. Ada persyaratannya mulai dari nilai IPK akhir hingga toefle sangat menentukan. Jika tidak memenuhi persyaratan langsung kita hapur dari daftar,” sebutnya.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Yatim Mustofa menyampaikan ucapan terimakasihnya karena pusat telah memberikan perhatian dan peluang kepada mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke universitas di luar negeri. Selama ini, Pemprov Kepri juga telah bermitra dengan universitas di Indonesia seperti UPI, Bandung, ITS, Universitas Hasanudin dan Universitas Indonesia. Bahkan Pemprov Kepri juga telah menandatangani MoU dengan Universitas Technology Malaysia.

Ditambahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin yang mewakili Wali Kota, Ahmad Dahlan, bahwa Batam memiliki SDM yang berkualitas. Pada bulan November lalu, siswa Batam berhasil mewakili Provinsi Kepri mengikuti olimpiade ke tingkat regional. Muslim mengatakan, SDM Batam tidak hanya memiliki prestasi di tingkat nasional, tetapi juga internasional.

“Potensi Batam luar biasa. Ini tentunya tidak terlepas dari dukungan Pemda dan DPRD Batam. Sektor pendidikan Batam mampu bersaing hingga ke tingkat nasional. Atas nama Pemko, kami memberi apresiasi kepada UIB,” tutupnya.

(crew_humas/dv)

NO COMMENTS