Home Foto Berdayakan Satlinmas Dalam Penanganan Bencana

Berdayakan Satlinmas Dalam Penanganan Bencana

0
146

BATAM- Satuan Perlindungan Masyarakat (SATLINMAS) diminta untuk meningkatkan kapasitas agar lebih berkualitas dan memiliki disiplin tinggi, meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan instasi terkait serta lembaga kemasyarakatan, meningkatkan peran aktif sebagai pengaman langsung pelaksanaan pemilu dan pemilukada serta menjaga netralitas. Selain itu Satlinmas juga diminta untuk menjaga ketentraman dan ketertiban umum dan meningkatkan semangat kinerja pengabdiannya kepada masyarakat.

Pesan tersebut disampaikan Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan pada saat apel peringatan Hari Ulang Tahun Sat Linmas ke-49 tahun 2010, Selasa (19/4) di lapangan Engku Putri, Batam Centre. Melalui pidato Mendagri yang dibacakannya pada apel pagi itu, Dahlan mengatakan bahwa penyelenggaraan perlindungan masyarakat merupakan urusan wajib yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah (Pemda), Provinsi dan Kabupaten.

Sedangkan tema yang diambil pada peringatan HUT Linmas tahun ini adalah, ‘Satuan Perlindungan Masyarakat Siap Mengemban Tugas Dalam Membantu Memelihara Kamtramtibmas Serta Mensukseskan Pemilukada’. Dikatakan bahwa tema ini diambil karena sangat tepat dikaitkan dengan eksistensi Satlinmas selama ini sebagai pengaman langsung dan merupakan bagian dari kelompok penyelenggara pemungutan suara dalam dalam penyelenggaraan pemilihan umum. Baik itu pemilu legislatif, pemilu presiden dan wakil presiden maupun pemilukada.

Khusus pemberdayaan Satlinmas dalam penanggulangan bencana, Mendagri melalui surat Edaran Menteri Dalam Negeri No. 362/4396/SJ tanggal 11 desember 2009 tentang Pemberdayaan satuan penanggulangan bencana banjir dan tanah longsor menjelaskan bahwa bagi para kepala daerah yang wilayahnya rawan bencana agar memberdayakan aparat Satlinmas. “Dalam surat edaran tersebut telah diminta kepada para gubernur, bupati dan walikota yang wilayahnya rawan bencana banjir dan longsor agar memerintahkan SKPD yang membawahi Satlinmas untuk memberdayakan aparat Satlinmas seoptimal mungkin dalam membantu program tersebut,” jelasnya.

(crew_humas/hw)

 

NO COMMENTS