Home Foto Berdayakan Potensi Qari Qariah Daerah Wako Buka STQ III Tingkat Kota Batam

Berdayakan Potensi Qari Qariah Daerah Wako Buka STQ III Tingkat Kota Batam

0
182

BATAM- Malam ini, Jumat (1/4) Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) III Tingkat Kota Batam dimulai. Secara resmi Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan akan membuka MTQ Tingkat Kota Batam yang dipusatkan di Pelataran Aviari Plaza Kecamatan Batu Aji.

Kabag Humas Pemko Batam, Salim mengatakan, STQ Tingkat Kota Batam ini akan diselenggarakan selama tujuh hari berturut-turut dan akan berakhir pada Kamis (7/4). Salim mengatakan, panitia mengajak seluruh masyarakat Batam untuk bersama-sama menyaksikan pembukaan dan juga turut mendukung pelaksanaan STQ III.

“Acara ini terbuka untuk umum, mari hadiri, beri dukungan dan saksikan pelaksanaanya, karena acara ini merupakan syiar Islam yang melibatkan semua komponen masyarakat,” ajaknya.

Untuk memberikan penilaian yang objektif kepada peserta, telah dilantik 80 orang Dewan Hakim oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Batam H.Buralimar, M.Si atas nama Walikota Batam pada Senin (28/3) lalu. Pengangkatan Dewan Hakim ini berdasarkan SK Walikota Batam No KPTS 66/HK/III/2011. Dewan Hakim yang dilantik adalah mereka yang profesional dan berpengalaman dibidangnya dan bertugas untuk memberikan penilaian secara obyektif, jujur dan adil kepada peserta masing-masing cabang yang diperlombakan.

Acara pembukaan juga akan dimeriahkan dengan oleh penampilan seluruh peserta yang akan tampil pada saat parade defile khafilah pada upacara pembukaan, tari persembahan dan atraksi kesenian. Pada sore harinya, juga akan dilakukan pembukaan bazaar oleh ketua PKK Kota Batam, Ibu Mariana Ahmad Dahlan. Bazaar akan diikuti oleh stand dari Kecamatan dan pelaku usaha mikro yang ada di kota Batam.

Salim mengatakan bahwa pada STQ ke III kali ini akan memperlombakan lima cabang sesuai dengan aturan dari LPTQ pusat yaitu cabang  tartil yang diikuti oleh 24 peserta, cabang Tilawah yang dibagi dalam 3 kategori, anak-anak, remaja dan dewasa yang masing-masing diikuti oleh 24 peserta. Untuk cabang Qiraat juga diikuti oleh 24 peserta puta dan putri, begitu pula dengan cabang Hifzil Quran dan Tafsir. Dengan total peserta dari seluruh kecamatan se Kota Batam berjumlah 264 peserta. Selain itu untuk memeriahkan acara, juga akan diperlombakan cabang rebana.

STQ ini diharapkan dapat menseleksi Qori dan Qoriah terbaik Batam dan sebagai barometer kesiapan Kota Batam pada STQ tigkat Provinsi Kepri yang akan digelar di Kabupaten Kepulauan Anambas pada 30 April mendatang. Pada STQ ini, Panitia juga berkomitmen untuk memberdayakan potensi Qori dan Qoriqh yang ada di daerah. Ketentuan yang ditetapkan bagi peserta STQ diantaranya, peserta harus penduduk Kota Batam atau Provinsi Kepri, yang dibuktikan dengan KTP atau surat keterangan domisili dari RT/RW setempat, Peserta yang sudah juara I atau sudah dinyatakan utusan daerah tertentu tidak dibolehkan ikut di daerah lain dan peserta yang mengikuti  seleksi di Batam tidak boleh ikut diluar Batam tanpa seizin LPTQ Batam

Menurutnya, STQ ini diselenggarakan secara berjenjang diawali dari tingkat kelurahan dan kemudian dilanjutkan di tingkat Kecamatan. Dijelaskan juga bahwa tujuan utama penyelenggaraan STQ ini bukan semata-mata mencari juara. “Namun lebih dari itu kegiatan ini merupakan upaya untuk menunbuhkan kecintaan masyarakat Kota Batam kepada Al-quranul Karim sebagai pedoman hidup yang akan memberikan syafaat dan keselamatan dunia akhirat,” ujar Salim.

(crew_humas/hw)

NO COMMENTS