Home Siaran Pers Batam Optimis Pertahankan Juara Umum

Batam Optimis Pertahankan Juara Umum

0
229

HUMAS PEMKO BATAM– Dimulainya pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Kepri yang ke-VII diawali dengan Pawai Taaruf yang diikuti kontingen dari seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri, Selasa (8/5) pagi. Kota Batam mengikutsertakan 350 orang terdiri dari unsur OPD Kota Batam, Pengurus TP PKK Kota Batam, Kafilah Kota Batam, Pelajar Kota Batam, LPTQ Kota Batam dan Perwakilan Kementerian Agama Kota Batam. Turut memberikan dukungan kepada kafillah, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad beserta Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK Kota Batam, Erlita Sari Amsakar Achmad ikut serta dalam Pawai Taaruf. Barisan kontingen Kota Batam diiringi Marching Band Bahana Barelang dibawa bimbingan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam.

MTQ Tingkat Provinsi Kepri yang ke VII dilaksanakan di Dabo Singkep, Kabupaten Lingga dibuka pada malam harinya oleh Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun. Adapun tema yang diusung “Dengan MTQ ke-VII Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2018 Kita Aktualisasikan Nilai-Nilai Al-Qur’an dalam kehidupan Bermasyarakat Menuju Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang Rukun dan Damai”. Sebagai Juara Umum pada pelaksanaan MTQ ke-VI tahun 2016, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyerahkan Piala bergilir juara umum kepada Panitia saat pawai defile Kota Batam di pembukaan MTQ ini.

Dari seluruh cabang perlombaan, Kota Batam mengikuti seluruh yang diperlombakan. Terdiri dari Cabang Tilawah Terdapat beberapa golongan yaitu tartil putra atau putri, anak-anak, remaja, dewasa, cacat netra, dan qiraat, Cabang tahfidz terdapat beberapa golongan dalam lomba ini, yaitu golongan 1 juz dan tilawah, 5 juz dan tilawah, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz, Cabang Tafsir Al-Qur’an, Cabang Fahmil Al-Qur’an, Cabang Syahril Al’Qur’an, Cabang Khath Al-Qur’an dan Cabang Musabaqah Makalah Al-Qur’an (MMQ) yang berjumlah 54 Orang.

Ketua Kafilah Kota Batam, Sarbaini optimis mempertahankan juara umum MTQ Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2018. Ini didasari sebanyak 2/3 peserta Kota Batam yang merupakan pemenang MTQ Tingkat Kota Batam Tahun 2018 dan peserta memiliki nilai kategori nasional. “Mohon doa restu dari seluruh masyarakat Kota Batam agar para peserta dapat tampil maksimal sehingga Kota Batam dapat kembali menjadi juara Umum,” pinta Sarbaini.

Ketua I LPTQ Kepulauan Riau, Tengku Syarif melaporkan beradasarkan Musda LPTQ VI Tahun 2016 Provinsi Kepri No.015/LPTQ-PKR/VI/2016 Tanggal 02 Juni 2016 bahwa LPTQ Provinsi Kepri merekomendasikan Kabupaten Lingga sebagai tuan Rumah Pelaksaan MTQ VII Tingkat Provinsi Kepri. MTQ ini diikuti 256 Orang Peserta dari 5 Kabupaten dan 2 Kota se – Kepri.

“MTQ ini menghadirkan 91 Dewan hakim yang terdiri dari 14 Orang dari Nasional, 54 Orang dari Daerah dan 23 orang panitera,” ujarnya.

Bupati Lingga, Allias Wello berterima kasih atas diamanahkannya Kabupaten Lingga sebagai tuan rumah ditengah-tengah keterbatasan yang ada. Banyaknya rombongan dari kabupaten dan kota se – Kepri yang hadir menunjukkan bahwa kegiatan ini selain membangun generasi bangsa juga membangun silahturahmi, saling mendukung demi kemajuan masyarakat Kepri.

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengapresiasi antusias dan partisipasi dari para Bupati dan Wali Kota se – Kepri. Ia mengatakan sebagai wilayah kepulauan akses menuju satu wilayah ke wilayah lainnya masih sulit. Nurdin mengajak dengan adanya MTQ ini dapat bersinergi membangun negeri Melayu ini.

“MTQ ini salah satu cara membangun generasi bangsa, kalau anak-anak kita ini kuat agamanya, nanti dewasa tak perlu risau kita akan pembangunan negeri ini, mereka pasti akan jujur, amanah dan istiqomah,” ujar Nurdin

MTQ VII Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2018 resmi dibuka ditandai dengan pemukulan beduk yang dilakukan oleh Gubernur Kepri, Bupati/Wali Kota se – Kepri, Anggota DPR RI dapil Kepri dan FKPD Provinsi Kepri

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, beserta Ketua TP PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi turut hadir dalam acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) VII Provinsi Kepri 2018. Dalam kesempatan itu Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad beserta Ibu turut serta hadir dalam acara pembukaan Bazar MTQ Tingkat Provinsi.(HP)

NO COMMENTS