Home Siaran Pers 33 Kepala Keluarga Tempati Rumah Layak Huni Dan Air Bersih

33 Kepala Keluarga Tempati Rumah Layak Huni Dan Air Bersih

0
341

HUMAS PEMKO BATAM – Aramco Saudi bekerjasama dengan Habitat Indonesia menyerahkan 33 rumah layak huni dan 13 sambungan air bersih kepada warga Kavling Kabil Indah RT 02/03 Kabil Kecamatan Nongsa, Jumat (28/9). Secara simbolis bantuan diserahkan Walikota Batam, Muhammad Rudi bersama Presiden Direktur Aramco Asia, Anwar Hejazi.

Walikota Batam, Muhammad Rudi mengapresiasi bantuan yang diserahkan Aramco Asia kepada masyarakat Kota Batam. Diakuinya untuk membantu masyarakat Batam yang ekonominya masih di bawah rata-rata diperlukan bantuan pihak lain selain dari Pemerintah. Apabila hanya mengandalkan Pemerintah maka angka kemiskinan di Kota Batam tidak akan berkurang.

Rudi menyambut baik setiap bantuan yang diperuntukkan bagi masyarakat Kota Batam. Apapun bentuknya Rudi mengatakan Pemerintah akan dengan senang hati menerima bantuan demi tercapainya kesejahteraan masyarakat Kota Batam.

“Ini bantuan dunia bukan lokal lagi. Jangan dilihat dari nilainya tapi lihat keikhlasan yang memberikan. Jika semua harus ditanggung Pemerintah maka tidak akan bisa karena PAD tidak mencukupi. Dari 1,3 juta masyarakat Batam ada seperempatnya yang membutuhkan bantuan. Batam tidak akan menutup bantuan, sebanyak mungkin bantuan kami terima,” ucapnya.

Anwar mengatakan rumah layak huni ini sangat penting untuk kelayakan hidup keluarga.

“Itulah sebabnya kami Aramco Saudi  bekerjasama dengan Habitat membangun rumah dan kami akan bekerjasama kembali untuk membangun rumah. Kami sangat senang bisa berjumpa dengan keluarga di sini untuk merayakan kesuksesan program ini,” katanya.

CEO Habitat Indonesia, Eddy Sianipar menjelaskan Habitat adalan lembaga kemanusiaan internasional dengan visi agar semua orang memiliki rumah layak huni. Habitat for Humanity telah tersebar di 70 negara dan berada di Indonesia sejak 2007. Hingga kini sudah membangun 51 ribu rumah. Dan sebagian besar untuk rehabilitasi pasca bencana seperti di Aceh, Padalarang, Yogyakarta.

Di Batam, Habitat for Humanity telah menolong 2.416 keluarga. Sebagian mendapat bantuan pembangunan rumah, penyaluran air bersih, dan perbaikan rumah. Selain itu Habitat juga merenovasi satu sekolah, membangun empat ruang serbaguna warga, 2.187 meter drainase, dua taman bermain empat toilet umun, serta 75 meter pelantar.
Khusus di Kabil, Habitat menargetkan pembangunan dan peningkatan kualitas 1.000 rumah. Sudah dijalankan sejak 2014, Habitat telah membangun 552 rumah dan merenovasi 164 rumah.
“Kami juga ingin ke daerah lain. Tapi mau selesaikan di Kabil dulu. Di Kabil kami masih ada 264 rumah lagi yang harus dibangun,” sebutnya.

Usai penyerahan secara simbolis dilanjutkan dengan penanaman pohon ketapang kencana di sekitar Kavling Kabil Indah. Acara juga dihadiri oleh Direktur Nasional Habitat for Humanity Singapura, Yong Teck Meng, pimpinan OPD di lingkungan Pemko Batam dan Camat Nongsa, Heriyanto.(HP)

NO COMMENTS