Home Siaran Pers 2020 Kecamatan Batuampar Usulkan 44 Paket Kegiatan

2020 Kecamatan Batuampar Usulkan 44 Paket Kegiatan

0
142

HUMAS PEMKO BATAM – Di tahun 2020 mendatang Kecamatan Batuampar mengusulkan 44 paket kegiatan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan, Jumat (22/2) di Hotel Amir. Usulan ini menurutnya sudah dibahas melalui tingkat pra Musrenbang dan Musrenbang tingkat kelurahan. Untuk usulan 44 paket kegiatan itu Camat Batuampar, Tukijan mengatakan akan menyerap anggaran Rp5,2 miliar. Fokus pekerjaan pemberdayaan masyarakat di tahun 2020 mengacu pada 5 item pekerjaan yakni pembangunan drainase, jerambah, semenisasi, batu miring dan gedung serba guna.

“Kegiatan Musrenbang tingkat kelurahan di Kecamatan Batuampar sudah selesai dilaksanakan di empat kelurahan. Kegiatan PM-PIK ini sudah dilaksanakan ditahun 2017 dan 2018 dengan pekerjaan semenisasi jalan, drainase, jerambah dan pembangunan serbaguna,” sebutnya dalam acara Musrenbang Tingkat Kecamatan yang dihadiri Walikota Batam, Muhammad Rudi.

Ditahun 2019 ini, kelurahan menurutnya juga menerima bantuan dana kelurahan Rp350 juta dari dana alokasi umum (DAU). Katanya, Kecamatan Batuampar akan menggunakan bantuan itu untuk mengerjakan 20 paket pekerjaan pemberdayaan masyarakat termasuk untuk pelatihan. Secara keseluruhan dari usulan yang disampaikan melalui Musrenbang tingkat kelurahan terdapat 96 paket PM-PIK, 17 paket pekerjaan PIK  dan 39 non PIK.

Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan agar disisa 2 tahun kepemimpinannya jalan lingkungan se Kota Batam dapat selesai dikerjakan. Berapa penggal jalan lingkungan yang belum rampung itu menurutnya harus didata oleh camat untuk diusulkan pada Musrenbang Tingkat Kelurahan di Tahun 2020. “Pak camat data yang saya minta tolong masukkan semua berapa jumlah penggal jalan lingkungan yang belum selesai. Dibagi dua saja, sisanya diusulkan ditahun 2020 agar dibangun 2021,” sebut Rudi.

Rudi berupaya di tahun 2020 dana PIK bisa meningkat Rp1,6 miliar. Selain berupaya meningkatkan dana PM PIK, Rudi juga akan meminta kepada Pemerintah Pusat untuk meningkatkan dana kelurahan menjadi Rp500 juta untuk masing-masing kelurahan. Jika itu terealisasi anggaran untuk kelurahan bisa mencapai Rp2 miliar. Mudah-mudahan penggal jalan lingkungan selesai,” harapnya.

Melalui Kementrian PUPR, Pemerintah Kota (Pemko) Batam juga mendapat bantuan Rp35 miliar untuk penataan rumah kumuh (tidak tertata,red).  Pemko Batam telah menetapkan Kampung Tua Tanjung Riau yang akan ditata sebagai percontohan. Area pemukiman di Kampung Tua Tanjung Riau menurutnya akan ditata mulai dari jalan hingga menata pinggiran laut. Setelah Kampung Tua Tanjung Riau selesai berikutnya yang akan ditata Tanjung Uma dan Batu Merah.

“Dengan bantuan dari Pak Jokowi ini kita akan tata Kampung Tua Tanjung Riau agar menjadi cantik. Anggaran Rp35 miliar ini kan cukup besar, jadi kita gunakan untuk menata Kampung Tua Tanjung Riau dari sekarang mulai di desain,” paparnya.

Kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan Batuampar dihadiri Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto, Anggota DPRD Kota Batam Yunus Muda dan Ucon Tambusai serta Ketua RT/RW dan tokoh masyarakat.(HP)

NO COMMENTS